Cara Sehat Mengatasi Rasa Lelah

Rasa lelah pasti tidak bisa dihindari setelah kita beraktivitas seharian. Namun di era sekarang ini di mana kita dituntut dapat bekerja dengan cepat, kondisi seperti itu tentu akan menghambat produktifitas kita.

Sebenanarnya ada banyak faktor yang menyebabkan rasa lelah atau letih pada tubuh kita. Hal ini perlu diperhatikan agar cara mengatasi lelah tersebut bisa lebih efektif, efisien dan sehat.

 

1. Tidak Cukup Tidur

Umumnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Apabila Anda mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur Anda menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Anda. 

2. Kekurangan Energi

Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang normal dan mencegah rasa lelah ketika gula darah Anda menurun.

3. Anemia

Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

4. Depresi

Anda mungkin berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda tetap merasa lelah dan murung selama lebih dari dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

5. Kebanyakan kafein

Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

6. Dehidrasi

Kelelahan bisa jadi tanda Anda terkena dehidrasi. Meskipun Anda bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Tanda-tanda orang dehidrasi ialah Anda mengalami kehausan.

7. Kerja "Shift"

Bekerja malam atau melakukan kerja shift dapat mengganggu jam tidur Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika harus terjaga. Dan, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari.

8. Penyakit Jantung

Ketika Anda merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik. Jika ternyata kegiatan sehari-hari yang mudah pun semakin sulit untuk dilakukan, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

9. Diabetes

Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi.

 

1. Makan

Rasa lelah yang kita rasakan bertanda tubuh kita kekurangan energi. Makanlah sesuatu yang cukup gizinya dan terutama kandungan seratnya, karena makanan berserat mampu menekan kejenuhan hingga 10 persen. Dan ini membuat mereka terlepas dari rasa depresi sambil bisa terus menunjukkan ide-ide cemerlang. eat well live better

2. Konsumsi Suplemen

Ketika Anda di kantor merasakan letih dan lesu, Anda dapat meminum suplemen atau vitamin C yang dapat berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh (usahakan yang terpercaya atau saran dari Dokter).

Ada bagusnya suplemen yang anda konsumsi berupa herbal seperti MADU atau HABBATUSSAUDA.

3. Taruh tanaman.

Warna hijau pada daun dan warna-warna cerah pada bunga yang ada pada tumbuhan akan membuat mata kita tidak tegang. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, para pekerja yang menaruh tanaman di sekitar ruang kerjanya, lebih kreatif dibanding yang hanya menumpuk kertas-kertas pada meja kerjanya.

4. Minum air putih secukupnya

“Sebagian besar orang yang merasa cepat letih mengalami dehidrasi,” ucap Woodson Merrell, MD., direktur eksekutif dari Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York City. Jadi membuat tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang paling mudah dan murah untuk membebaskan diri dari rasa letih.

5. Lakukan Peregangan Otot

Dengan melakukan peregangan otot, anda dapat membuat arteri otak terbuka. Dan oksigen akan lebih bebas masuk ke otak melalui darah. selain dapat meningkatkan tenaga, cara ini juga dapat meningkatkan konsentrasi.

6. Jalan selama 5 menit.

Setelah tubuh anda diberi asupan cukup, anda bisa melakukan gerakan jalan selama 5 menit untuk menuntaskan rasa lelah atau letih anda. Anda bisa menggunakan sebuah Sandal Kesehatan ketika anda istirahat kerja.         

7. Cuci Muka

Bila pekerjaan masih banyak dan anda butuh konsentrasi , segeralah cuci muka. Mungkin akan membuat anda menjadi lebih segar.

8. Tutup lubang hidung sebelah kiri

Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafas lewat lubang hidung yg kanan. Lakukan secara rutin ketika anda merasa lelah selama 5menit.

 

1. Minum Air Secukupnya

Setelah anda sampai dirumah, sebaiknya anda duduk / istirahat dulu sambil minum beberapa gelas air.

2. Segera Mandi

Setelah istirahat beberapa saat, segeralah mandi, kalau perlu menggunakan air hangat. Dengan kita mandi, badan pun akan terasa segar, dan membuat serasa fresh di pikiran.

3. Segera Makan + Suplemen

Segera beri asupan energi untuk tubuh anda, sehingga recovery bisa cepat di lakukan oleh tubuh kita.

4. Bercengkrama dengan istri/suami dan anak

Tidak ada cara yang ampuh menghilangkan rasa lelah selain bercengkrama, ngobrol atau lainnya bersama suami/istri dan anak kita.

5. Meditasi

Pejamkan mata anda sambil mengucapkan kalimat kalimat yang berkenaan dengan rasa syukur kita terhadap Tuhan.

6. Gunakan Alat Terapi

Jika anda merasakan rasa lelah yang sangat, anda bisa menggunakan alat terapi seperti BANTAL PANAS. Alat terapi ini bisa membantu melanacarkan peredaran darah anda.

 

Berikut cara meningkatkan energy agar badan selalu fit, biar tidak cepat lemas, letih dan lesu.

  • Minum Air Secukupnya: Apakah Anda minum cukup air? Beberapa orang yang mengeluh tentang kelelahan, sebenarnya mengalami dehidrasi. Minum 8 gelas air sehari. Cobalah untuk minum lebih banyak pada siang hari atau pada saat cuaca yang panas. Hal ini untuk menghindari minum pada malam hari. Terlalu banyak minum cairan pada malam hari dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan yang dapat menghambat tidur Anda.
  • Tidur secukupnya: Jangan menganggap sepele masalah tidur. Anda membutuhkan 8 jam untuk tidur setiap malam. Jangan tidur terlalu lama. Usahakan tidur dengan keadaan yang nyaman dan tanpa gangguan, mungkin anda juga bisa mematikan lampu kamar anda.
  • Berolah raga secara cukup dan teratur. Olah raga merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan stamina seseorang serta menambah gairah seseorang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Apabila tidak cukup waktu untuk berolah raga, maka Anda dapat berjalan kaki selama minimal 10menit, karena jalan kaki merupakan hal yang sepele namun sangat bnermanfaat bagi tubuh seseorang.
  • Batasi konsumsi Kopi: Kita tahu bahwa kopi meningkatkan energi. Tapi mengkonsumsi beberapa cangkir  kopi sehari atau terlalu banyak dapat menyebabkan stres dan kelelahan.
  • Diet yang sehat: Tambahkan makanan yang mengandung nutrisi buat otak dalam program diet anda. Makanlah makanan dengan campuran lemak sehat. Ini akan memberi energi pada sel otak dan meningkatkan konsentrasi berpikir. Ikan dan sayuran hijau tua adalah makanan untuk otak yang sangat baik.
  • Batasi konsumsi gula: Hindari konsumsi gula berlebihan sebisa mungkin. Kelebihan gula menyebabkan fluktuasi gula darah dan hasilnya adalah penurunan energi. Jika anda mempunyai masalah dengan gula darah, anda bisa mencoba KENIS, produk herbal yang khusus mengobati diabetes dan gejala gejalanya.
  • Meningkatkan konsumsi protein: Kurangnya protein merupakan salah satu alasan mengapa kita mengalami kelelahan. Makan makanan yang kaya dengan kandungan protein.

makan baik hidup lebih sehat

Sumber: www.berita-ane.com