Tips Menyimpan Beras Yang Benar

24 February 2021

Mendapatkan beras yang disimpan berkutu dan berubah warna sering kali membuat bingung pemiliknya akan cara menyimpan beras yang benar.

Yuk simak beberapa tips menyimpan beras yang benar…

  • Menyimpan beras di tempat yang kering, menghindari tempat yang lembab dan tak terkena cipratan air. Suhu penyimpanan yang disarankan adalah di bawah 17 derajat celcius sehingga membuat kutu tidak bisa berkembang biak.
  • Selalu bersihkan wadah beras secara berkala. astikan wadah yang akan dipakai untuk menyimpan beras telah dibersihkan. Bila perlu, bersihkan menggunakan disinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel.  Jangan pernah menyisakan beras sisa yang sudah lama dalam wadah dan mencampurnya bersama beras baru. Sisa beras lama yang tidak dibersihkan bisa mengundang kutu dan jamur.
  • ?Bekukan beras sebelum disimpan. Saat membeli beras, segera masukkan ke lemari pendingin selama empat hari. Cara ini akan membunuh semua larva atau telur serangga yang berada di karung beras. Hal ini juga berlaku untuk bahan-bahan seperti tepung, oat, kue, tepung jagung, dan rempah-rempah.
  • Memasukkan daun salam atau cengkeh ke beras adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kutu. Cengkeh juga diketahui efektif untuk melawan serangga yang ada di sekitar rak lemari dan area dapur.
  • Untuk mencegah masuknya kutu ke dalam wadah beras, kita juga bisa menambahkan lembaran daun jeruk atau daun pandan. Aroma dari daun tersebut sangat dibenci oleh kutu dan serangga, sehingga beras akan tetap bersih. Daun aromatik tersebut juga akan membuat beras terhindar dari bau apek dan lebih harum saat dimasak.
yuk masak di rumah, ayo makan sehat, makan baik hidup lebih sehat, eat well live better