ayo makan plum sehat

Yuk Kenali Plum si Super Food!

19 August 2020

Buah plum atau dikenal juga di Indonesia sebagai buah prem adalah buah yang berasal dari Eropa dan Cina. Plum berkerabat dengan buah peach atau persik. Buah ini berasal dari keluarga Rosaceae. Buah plum memiliki bentuk mirip apel dan memiliki ukuran buah sekitar 5-6 cm. Buah plum yang berasal dari Eropa memiliki kulit buah yang berwarna merah cenderung ungu, sedangkan plum dari Cina kulit buahnya berwarna hitam.


Buah Plum disebut-sebut sebagai super food karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Sebagai super food yang merupakan makanan baik hidup lebih sehat, buah plum memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin adalah salah satu keunggulan kandungan gizi buah ini. Dilansir dalam organicsfacts.net, menurut USDA National Nutrient Database memaparkan bahwa plum merah mengandung sumber terbaik dari vitamin A, vitamin C, folat dan vitamin K. Buah plum juga mengandung sumber vitamin B1, B2, B3, B6 dan vitamin E yang baik.


Mengkonsumsi plum dapat memberi manfaat antioksidan yang berperan penting bagi kesehatan, terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Yuk mengenal lebih jauh beberapa manfaat konsumsi buah Plum:

  • Tinggi Antioksidan. Plum kaya akan antioksidan, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Mereka sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa plum mengandung lebih dari dua kali jumlah antioksidan polifenol dibandingkan buah populer lainnya, seperti nektarin dan persik.
  • Menjaga Kesehatan Jantung. Mengkonsumsi plum secara rutin dapat dikatakan juga sebagai salah satu usaha pencegahan penyakit kardiovaskular dan pencegahan penyakit jantung koroner. Buah plum memiliki zat bernama antosianin yang berperan memberi warna pada buah-buahan terutama yang berwarna pekat seperti plum. Antosianin memberi dampak baik bagi pembuluh darah, trombosit dan lipoprotein sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
  • Menyehatkan Sistem Pencernaan. Plum memiliki kandungan serat yang bermanfaat bagi pencernaan.. Manfaat buah plum merah untuk diet adalah dapat melancarkan pencernaan. Buah plum mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat pangan membantu mengatasi konstipasi atau sembelit. Kandungan fenol yang terdapat pada kismis atau ptune berperan sebagai bakteri baik bagi sistem pencernaan dan saluran kencing.
  • Membantu Menurunkan Gula Darah. Mengkonsumsi buah plum tidak membuat kadar gula di dalam darah meningkat. Hal ini karena kandungan pada plum yang meningkatkan adiponectin, yaitu sebuah protein yang berperan untuk mengkontrol gula di dalam darah. Selain itu plum memiliki kandungan serat yang juga dapat menolong tubuh untuk mendapatkan kebutuhan gula yang sesuai dan tidak mengalami lonjakan tinggi kadar gula pada darah. 
  • Potensi Anti Kanker. Ektrak buah plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Studi yang dilakukan dan dipublikasikan oleh Dr. Lavanya Reddivari, Dr. Venkata Charepalli dan kawan-kawan dari Departmen of Plant Science, The Pennsylvania State University, Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa komponen epicatechin hadir dalam buah plum. Ini dapat membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas sel kanker dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati.
  • Merawat Kesehatan Kulit. Manfaat buah plum merah untuk kecantikan bisa menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan awet muda karena kandungan vitamin C dan antioksidannya. Rutin mengonsumsi buah plum juga dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti penuaan. Sedangkan esktrak buah plum sering digunakan sebagai campuran berbagai produk perawatan kulit seperti cuci muka dan juga masker wajah.

Jadi ayo makan sehat, karena makan baik hidup lebih sehat merupakan hal terpenting bagi tubuh kita.