Gaya Hidup Sehat Pria Modern

Berikut adalah gaya hidup yang disarankan bagi para pria untuk mencapai kondisi terbaiknya :

  • Pilih vitamin yang tepat

Jangan sembarangan membeli vitamin harian tanpa mengetahui masalah kesehatan yang dimimliki karena tidak terbukti multivitamin bisa meningkatkan kesehatan atau menghindari penyakit. Tidak ada manfaat multivitamin yang terbukti kecuali jika seseorang memang memiliki kekurangan vitamin atau kondisi spesifik.

Multivitamin direkomendasikan oleh mereka yang memiliki gangguan penyerapan di usus, kecanduan alkohol, atau pernah menjalani operasi besar. Mereka yang menjalani diet ketat atau vegetarian juga harus mengonsumsi multivitamin.

  • Bergerak untuk kesehatan jantung dan otak

Aktivitas fisik rutin sangat direkomendasikan untuk menjaga sistem kardiovaskular dan otak yang sehat. Olahraga membantu tekanan darah tetap normal, mencegah diabetes tipe-2, yang sejatinya dapat membantu hidup lebih lama.

Tak sedikit penelitian yang menyimpulkan laki-laki dengan olahraga rutin dapat menghasilkan ejakulasi yang sehat dibanding yang tidak. Intensitas olahraga yang disarankan adalah moderat seperti jalan cepat, joging, atau latihan beban, minimal 30 menit setiap hari. Kombinasi latihan ketahanan dan kekuatan dengan aerobik sangat ideal untuk kesehatan jantung dan otak.

  • Ucapkan selamat tinggal pada tembakau
  • Berhenti merokok memang tak mudah, namun dari kebiasaan tersebut bisa memberikan dampak positif pada kemampuan seksual, jantung dan paru-paru. Bahkan, menghindari kematian karena jantung dan kanker. Studi menunjukkan pria yang memiliki disfungsi ejakulasi beresiko memiliki masalah kardiovaskular dalam lima tahun. 
  • Hati-hati dengan yang Anda minum

Sekitar 11 persen pria akan terkena batu ginjal dalam hidup mereka. Salah satu pemicunya adalah dehidrasi sehingga urine terkonsentrasi. Semakin banyak cairan yang dikonsumsi, maka semakin kecil kemungkinan Anda terkena batu ginjal, namun penting untuk mengkonsumsi cairan yang tepat.

  • Makan lebih banyak buah dan sayuran (fruit snack)

Yang sangat penting adalah makan makanan yang sehat. Kesehatan jantung, kadar lemak darah dan hormon dikaitkan asupan makanan yang tepat, termasuk mengonsumsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari (fruit snack).

Batasi asupan garam dan gula, termasuk karbohidrat sederhana. Adopsi pola makan sehat sedini mungkin agar Anda terbiasa mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan dibutuhkan tubuh maka dari itu makan baik hidup lebih sehat.

  • Lindungi kulit

Kulit manusia adalah organ tubuh terbesar, memberikan perlindungan pada otot, tulang, ligamen dan organ tubuh. Radiasi ultraviolet dari sinar matahari secara langsung merusak DNA kulit pada orang yang rentan. Seiring waktu, kerusakan ini bisa menumpuk, menyebabkan terbentuknya sel kanker, yang tumbuh menjadi tumor.Penting untuk memperhatikan kondisi kulit, termasuk perubahan yang bisa menjadi gejala awal kanker kulit.Aspek terpenting melindungi kulit Anda adalah dengan menghindari paparan radiasi UV dari sinar matahari.

Pakailah pakaian pelindung atau topi bertepi lebar dengan kacamata hitam saat berada lama di bawah terik matahari. Hindari jam puncak matahari hari dari pukul 10 pagi sampai jam 5 sore, dan lakukan aktivitas di luar ruangan di pagi atau sore hari.

  • Ketahui riwayat kesehatan keluarga

Di samping kanker kulit, kanker prostat adalah kanker yang paling umum didiagnosis pada pria. Tes darah rutin dapat mengukur biomarker yang disebut antigen spesifik prostat atau PSA untuk mengidentifikasi resiko kanker prostat pria, dilengkapi dengan pemeriksaan rektal digital.

Tak kalah penting adalah mengetahui sejarah kanker prostat keluarga. Sebagian pria beresiko tinggi kanker prostat berdasarkan riwayat keluarga.

(sumber: www.lifestyle.kompas.com)

 

Selain tips di atas, rutinlah makan sayur dan buah super segar setiap hari. Dapatkan info promo super hemat dan katalog belanja di www.superindo.co.id.

ayo makan sehat
eat well live better