5 Alasan Punya Hewan Peliharaan Baik Untuk Anda dan Keluarga

9 September 2020

Hewan peliharaan Anda membawa begitu banyak hal dalam hidup Anda dan keluarga — kebahagiaan dan kegembiraan. Manfaat dari kepemilikan hewan peliharaan dari sisi psikologis bahkan lebih berharga selama masa-masa sulit seperti pandemi global ini, terutama selama situasi karantina ketika Anda dan keluarga memiliki sedikit kontak dengan dunia luar.

Selain mengurangi perasaan kesepian dan isolasi, terutama selama masa karantina ini, hewa peliharaan seperti kucing dan anjing memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti berikut ini:

 

Mengurangi Stres

Setelah hari yang berat berusaha mengajari anak-anak Anda belajar di rumah atau mencoba berpartisipasi meeting online, cobalah peluk dan bermain dengan hewan peliharaan Anda, Anda akan merasakan semua tekanan bekerja dari rumah, menyamar sebagai guru anak-anak Anda dan mengkhawatirkan kesehatan anggota keluarga Anda di area berisiko tinggi akan sedikit berkurang. Hanya menghabiskan waktu di dekat hewan peliharaan Anda akan mengurangi tingkat stres Anda, dan secara aktif membelai hewan peliharaan Anda akan semakin menghilangkan perasaan stres dan kecemasan. Plus, siapa yang tidak suka melihat kepala berbulu lucu muncul di webcam Anda selama panggilan Zoom? Tidak ada yang bisa meredakan ketegangan, kekhawatiran, dan stres dengan lebih baik daripada teman berbulu kita.

 

Meningkatkan Kebugaran

Hewan peliharaan Anda yang aktif kemungkinan besar tidak akan membiarkan Anda bermalas-malasan. Untuk melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati untuk Anda dan hewan peliharaan Anda, terapkan rutinitas olahraga harian, meskipun itu dilakukan di ruang tamu Anda.

 

Menurunkan tekanan darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan telah menunjukkan hasil tekanan darah yang lebih rendah dalam situasi stres jika dibandingkan dengan bukan pemilik hewan peliharaan. Kita saat ini hidup dalam masa-masa yang sangat menegangkan, mengkhawatirkan kapan pandemi virus Corona akan mereda, dan mengkhawatirkankesehatan serta kesejahteraan orang yang kita cintai. Berada di bawah tekanan dan kekhawatiran yang terus-menerus dapat meningkatkan tekanan darah Anda, tetapi bermain dengan dan merawat hewan peliharaan Anda akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari keadaan ini.

 

Meningkatkan kadar serotonin, oksitosin, dan dopamin

Ada penelitian baru-baru ini di jurnal Science yang menunjukkan bahwa kadar oksitosin meningkat baik pada anjing maupun pada pemiliknya pada saat pemilik anjing menatap mata anjingnya. Membelai teman berbulu Anda melepaskan bahan kimia "perasaan senang", seperti serotonin, oksitosin, dan dopamin, yang semuanya menawarkan peningkatan suasana hati dan meningkatkan ikatan sosial, kualitas yang bahkan lebih penting selama masa kecemasan dan isolasi yang dipicu pandemi.

 

Ciptakan ikatan yang erat

Meskipun kita membentuk ikatan yang erat dengan keluarga dan teman manusia, banyak orang, terutama generasi muda, menyatakan bahwa mereka merasa lebih dekat dengan hewan peliharaan mereka. Pengabdian yang tak tergoyahkan dan kasih sayang yang tiada akhir benar-benar menjadikan hewan peliharaan Anda sebagai sahabat terbaik Anda dan keluarga, yang sekarang lebih dibutuhkan dari sebelumnya. Mampu mengandalkan kebahagiaan tanpa akhir dari hewan peliharaan Anda untuk mengangkat Anda di masa-masa sulit ini benar-benar merupakan berkat dari memiliki hewan peliharaan.