ayo makan sehat dengan buah pisang

Alasan Mengapa Pisang Baik Untuk Diet

25 November 2020

Pisang kaya akan banyak nutrisi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang mengandung banyak serat, karbohidrat dan beberapa vitamin dan mineral penting.

Sebagian besar karbohidrat dalam pisang matang adalah gula - sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Di sisi lain, pisang rendah lemak dan protein. Pisang juga mengandung sejumlah senyawa tumbuhan dan antioksidan yang bermanfaat, termasuk dopamin dan katekin. Dopamin adalah senyawa kimiawi di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hormon ini memengaruhi berbagai aktivitas manusia, mulai dari kemampuan mengingat hingga menggerakkan anggota tubuh. Hormon dopamin juga disebut sebagai hormon pengendali emosi. Sedangkan katekin adalah senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan.

Intinya, pisang mengandung karbohidrat, serat, beberapa nutrisi penting dan antioksidan. Pisang berukuran sedang menyediakan 105 kalori.

Pisang Tinggi Serat, Tapi Rendah Kalori. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 12% dari asupan harian yang Anda rekomendasikan, dengan hanya 105 kalori. Serat penting untuk menjaga kebiasaan buang air besar secara teratur, dan memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Makan serat dalam jumlah tinggi bahkan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyakit divertikular, dan beberapa jenis kanker.

Asupan serat yang cukup juga terkait dengan penurunan berat badan. Satu studi mengukur asupan makanan 252 wanita selama 20 bulan. Ditemukan bahwa untuk setiap gram tambahan serat yang dimakan wanita per hari, berat badan mereka sekitar 0,55 lbs (0,25 kg) lebih rendah.  Efek ini diperkirakan terjadi karena serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dalam jangka panjang.

Ayo makan sehat dengan buah pisang yang baik untuk diet dan makanan buah lain nya (fruit snack).