Buah Sumber Kebaikan

28 July 2021

Nggak dipungkiri, buah menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin makan buah setiap hari bisa menjauhkan kita dan keluarga dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, nggak heran kalau Kementerian Kesehatan RI lewat Pedoman Gizi Seimbangnya menganjurkan masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan demi mendukung gaya hidup sehat. Badan Kesehatan Dunia pun sejalan dengan anjuran ini, dan menyarankan setiap orang makan minimal 400 gram buah dan sayuran setiap harinya.

 

Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat dari buah? Berikut nih beberapa manfaat makan buah untuk kesehatan:

 

  • Sumber gula sederhana, serat, vitamin, dan mineral. Contohnya folat, vitamin C, dan kalium.
  • Rendah lemak dan kalori. Beberapa buah dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah antara lain; pepaya, apel, jeruk, stroberi.
  • Serat dalam buah berguna untuk membantu menurunkan kolesterol darah dan dapat membantu melancarkan buang air besar, sehingga terhindar dari sembelit serta mengurangi risiko kanker usus. Coba deh konsumsi buah naga, pepaya dan nanas.
  • Buah dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga turut mencegah Anda dari penuaan.
  • Rutin makan buah bisa dibilang sebagai cara baik untuk menurunkan berat badan, karena serat buah mampu membuat kenyang lebih lama sehingga bisa makan lebih sedikit dalam sehari.

 

Oh satu lagi, seperti yang tadi dibilang, kandungan buah itu sangat beragam termasuk kaya akan vitamin. Di masa pandemi ini, kebutuhan vitamin sangat dibutuhkan dan salah satu sumbernya itu ya ada di buah! Di buku ini akan dibahas nih, aneka manfaat dan serba serbi buah yang bisa jadi panduan keluarga memenuhi asupan sehat dan tambahan imun di era pandemi.  Jadi, gimana? Yakin nih nggak mau memasukkan buah ke daftar belanja mingguan atau bulanan? Silahkan cek promo buah-buah segar di website, aplikasi My Super Indo dan media sosial Super Indo sekarang!