Tips Mengolah Udang Agar Bebas Bau Amis

18 May 2022

Anda penggemar seafood? Tentu udang menjadi salah satu hidangan wajib. Udang kaya akan kandungan  nutrisi yang penting buat kesehatan. Protein yang tinggi baik untuk perkembangan otak pada anak.  Cek tips dibawah ini untuk mengolah udang terbebas dari bau amis.

Pastikan udang masih dalam kondisi segar
Udang yang masih segar akan memiliki aroma khas dan warna yang tak tampak pucat. Selain itu, pilihlah udang yang anggota badannya masih utuh dari ujung ekor ke ujung kepala. Periksa pula teksturnya, jangan membeli udang yang sudah lembek.

Olah segera selagi udang masih segar
Jika udang tersebut belum akan diolah segera, maka lekas simpan ke dalam kulkas. Namun jangan pula menyimpannya terlalu lama sebab dikhawatirkan kualitas udang akan jauh menurun. Sebaiknya, lekas masak udang ketika kondisinya masih segar.

Kupas udang sesuai tujuan pengolahan
Saat akan mengolahnya, pastikan udang dikupas dengan tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan pengolahannya. Misalnya, jika hendak menghidangkan makanan untuk anak-anak, sebaiknya buanglah ekor udang demi menghindari potensi tersedak kelak. Akan tetapi, jika tak ingin membentuk udang menjadi membulat atau melingkar, maka jangan buang kepalanya. Sebab melepaskan kepala udang justru membuat udang akan menggulung saat proses memasak. Selanjutnya, bersihkan kulit udang tersebut. Untuk udang yang kecil, siramlah menggunakan air panas hingga udang tersebut berwarna memerah, lalu segera kuliti.

Baluri udang dengan perasan jeruk nipis
Setelah udang dikupas, bersihkan dengan cara membelah sedikit bagian punggung udang, lalu singkirkan bagian berbentuk tali hitam pada punggung udang dan cuci bersih udang tersebut. Pasalnya, ini merupakan vena racun sehingga sebaiknya tak dikonsumsi untuk meminimalisir kemungkinan keracunan makanan nantinya. Selain itu, baluri udang yang sudah dicuci tadi menggunakan perasan jeruk nipis. Tujuannya, untuk menghilangkan bau amis pada udang. Jangan menggosok udang dengan garam, sebab itu dapat merusak tekstur dari udang tersebut.

Jangan terlalu lama dimasak
Saat akan mengolah udang, gunakan beberapa tetes minyak (supaya udang tak malah terendam dalam minyak). Pastikan minyak sudah panas supaya tak memakan waktu lama untuk memasak.  Jika ingin merebus udang, gunakanlah air yang sudah mendidih, tambahkan sedikit garam, masukkan udang, lalu tutup panci. Apabila sudah matang (udang tampak kemerahan), maka langsung rendam udang dalam air dingin supaya proses memasaknya dapat terhenti total. Idealnya, proses memasak udang memang tak boleh terlampau lama yakni tak lebih dari 3 menit. Ini bertujuan untuk menjaga citarasa dan tekstur udang.