Makna Buah-buahan di Perayaan Imlek

3 February 2021

Perayaan Imlek biasanya dirayakan dengan ragam makanan untuk disantap bersama keluarga. Salah satunya berbagai jenis buah, selain untuk disantap juga digunakan dalam sembahyang.  Yang menarik, kehadiran buah-buahan yang kerap menghiasi perayaan Imlek memiliki makna tersendiri bagi yang merayakannya.

Jeruk mandarin
Jeruk mandarin merupakan buah wajib saat Imlek. Dalam bahasa Kanton, nama jeruk mandarin terdengar seperti emas, sehingga buah ini menjadi simbol kemakmuran.

Apel
Apel dianggap membawa keberuntungan karena dalam bahasa Cina buah apel berarti "buah perdamaian".

Buah Naga
Buah berwarna merah adalah unsur perayaan Imlek yang bermakna harapan agar dijauhkan dari mara bahaya. Ada juga yang menyebut hokinya lebih besar jika ada sesuatu yang berwarna merah

Persik
Menurut simbol di tradisi China, buah persik melambangkan keabadian dan awet muda. Akan tetapi, beberapa bagian pada buah persik ini bisa memiliki makna yang berbeda. Contohnya, bagian kelopak persik melambangkan cinta dan kebahagiaan di tahun yang akan datang. Apalagi buah ini rasanya manis lembut.

Anggur
Menurut tradisi di China, buah anggur melambangkan kesuburan hingga kelimpahan untuk rejeki. Sama seperti buah persik, beberapa bagian buah anggur menjadi simbol dengan makna berbeda. Ada yang melambangkan keberuntungan, hingga kecantikan. Biasanya buah anggur akan dibawa ke vihara atau klenteng, sebagai bentuk persembahan. Buah ini juga sering dijadikan hadiah untuk anggota keluarga di hari Imlek.

Delima
Sama seperti buah anggur, buah delima juga digunakan sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan. Biasanya pasangan yang baru menikah diwajibkan untuk memajang buah delima, sebagai simbol yang akan membawa keberuntungan dan kesuburan terhadap keluarga baru mereka.