Anak Terkena Covid Sebaiknya Makan Apa?

Anjuran untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya berlaku pada orang dewasa saja ya. Anak-anak pun sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, makan sehat juga akan menunjang proses tumbuh kembangnya, lho.

Berikut ini adalah daftar nutrisi yang dianjurkan selalu ada pada menu makanan anak yang terkena covid:

Protein
Protein adalah makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak dan tidak boleh dilewatkan, terlepas adanya pandemi atau tidak. Nutrisi ini berperan untuk membentuk otot dan berbagai jaringan tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta sebagai sumber energi. Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, Anda bisa memberikan makanan yang merupakan sumber protein, seperti daging, telur, kacang-kacangan, ikan, serta susu dan produk olahannya, baik dalam menu makan utama maupun camilan Si Kecil selama di rumah.

Asam lemak omega-3
Asupan asam lemak omega-3 juga tidak kalah penting bagi anak. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang sangat kita butuhkan tetapi tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapat dari makanan. Omega-3 memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan fokus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membuat tidur lebih nyenyak. Omega-3 juga diduga memiliki efek baik terhadap mood dan kesehatan mental anak. Hal ini penting karena perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19 bisa saja memicu kecemasan pada anak. Beberapa sumber omega-3 yang bisa Anda pilih antara lain adalah ikan-ikanan, seperti ikan teri, salmon, dan sarden; kacang-kacangan, seperti kacang almond dan walnut; serta biji-bijian, seperti flaxseed dan chia seed.

Vitamin D
Pemberian vitamin D diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan sistem pernapasan. Hal ini penting, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Selain itu, karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium di usus, vitamin D juga ikut berperan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan otot. Tubuh secara alami menghasilkan vitamin D ketika anak berada di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, agar tidak kekurangan vitamin D, berikanlah Si Kecil beragam makanan yang diperkaya vitamin ini, misalnya bayam, kubis, kacang kedelai, ikan sarden, ikan salmon, serta oatmeal dan sereal.

Kalsium
Walaupun harus di rumah saja, anak tentunya harus tetap aktif bergerak selama pandemi COVID-19. Agar bisa tetap aktif, Si Kecil tentunya membutuhkan nutrisi yang bisa menguatkan tulang serta mendukung fungsi saraf dan ototnya. Nah, fungsi ini bisa didapat dari kalsium. Kurangnya paparan sinar matahari dan produksi vitamin D selama pandemi COVID-19 bisa berdampak secara langsung terhadap kadar kalsium dalam tubuh anak. Oleh karena itu, selain memberikan Si Kecil makanan sumber vitamin D, Anda juga perlu memastikan makanannya mengandung kalsium yang cukup. Makanan-makanan yang tinggi kalsium antara lain susu, yogurt, keju, edamame, sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan tahu. Makanan-makanan ini bisa Anda olah menjadi makanan utama maupun camilan.

Sumber: https://www.alodokter.com/daftar-nutrisi-anak-yang-harus-dipenuhi-selama-pandemi-covid-19