Tips Menyimpan Buah Agar Segar Lebih Lama

6 January 2022

Menyimpan buah ke kulkas tak boleh asal. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar buah tetap segar serta tahan lama.  Berikut  ini cara tepat menyimpan buah-buahan di kulkas. 

Simpan di kompartemen kulkas
Kamu dapat menyimpan beberapa buah di kompartemen kulkas agar tetap segar. Pastikan suhu kulkas tetap berada di bawah lima derajat Celsius. Selain itu, hindari menyimpan makanan terlalu banyak di dalam kulkas karena ruang yang sempit dapat menyebabkan udara tidak mengalir. Kamu perlu memberi ruang antarbuah agar udara bisa mengalir sehingga proses pendinginan menjadi lebih baik dan merata. 

Hindari mencuci buah 
Apabila menyimpan buah di dalam kulkas, sebaiknya hindari mencuci buah. Mencuci buah sebelum menyimpannya di kulkas dapat membuat buah menjadi lembap dan mempercepat pertumbuhan bakteri sehingga buah menjadi lebih cepat busuk

Simpan buah menggunakan tisu
Kondisi lembap dapat mempercepat proses pembusukan buah. Jadi, untuk menjaga kondisi buah tidak mudah lembap, kamu dapat membungkus atau melapisinya dengan tisu. Tisu mencegah buah mengalami kerusakan saat disimpan di kulkas. Namun, apabila kondisi tisu sudah basah, segera menggantinya dengan menggunakan tisu baru yang kering agar buah tetap awet dan segar. 

Simpan buah dalam freezer
Buah yang masih utuh alias belum dikupas atau dipotong bisa dibuat lebih tahan lama dengan cara dibekukan di dalam freezer. Melalui proses pembekuan, kandungan gizi dari buah dapat terjaga. Hal ini juga dapat mengurangi terjadinya aktivitas pematangan pada buah

Buah-buahan yang perlu matang terlebih dulu sebelum disimpan ke kulkas
Buah yang harus matang terlenih dulu sebelum disimpan ke kulkas adalah aprikot, alpukat, jambu biji, kiwi, mangga, melon, nektarin, pepaya, persik, pisang, dan plum.

Waktu penyimpanan buah yang disarankan di kulkas:
Apel: 3-4 minggu
Aprikot matang: 4-5 hari
Alpukat matang: 3-5 hari
Blueberi: 1-2 minggu
Ceri: 4-7 hari
Jeruk limau: 2-3 minggu
Anggur: 5-7 hari
 Jambu biji: 3-4 hari
Kiwi: 5-7 hari
Mangga: 5-7 hari 
Melon: 7-10 hari
Jeruk: 2-3 minggu
Pir: 5-7 hari
Nanas: 3-5 hari
Plum: 3-5 hari
Delima: 1-2 bulan
Raspberi: 2-3 hari
Stroberi: 3-5 hari
Semangka: 2 minggu