Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Bagi sebagian besar orang, menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting. Mereka melakukan apa saja untuk menjaga jantungnya tetap sehat, bahkan mengubah pola hidup dan pola makan mereka secara drastis (eat well live better). Tubuh yang sehat akan dapat melakukan banyak kegiatan, seperti; bekerja, belajar, bersosialisasi dengan orang lain, dan banyak hal lainnya. Tentu saja kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk atau penyakit menyerang tubuh kita. Dan salah satu organ tubuh yang paling vital dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya adalah jantung, jadi ayo kita makan sehat!

Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang saling bersinergi satu dengan yang lainnya. Gangguan pada satu organ tubuh akan mengakibatkan organ tubuh yang lain tidak mampu bekerja secara maksimal. Dan jantung adalah salah satu organ yang sangat vital dan menjadi mesin kehidupan dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pompa yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Bila kesehatan jantung terganggu tentunya dia tidak akan dapat bekerja secara normal, dan tentunya akan mengganggu organ tubuh yang lain karena aliran darah dalam tubuh terganggu.

Gangguan kesehatan pada jantung bisa terjadi pada siapa saja, orang tua dan muda, kurus dan gemuk, semuanya memiliki resiko terserang penyakit jantung. Namun memang orang gemuk lebih beresiko mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang bertubuh ideal atau kurus. Selain itu, penyakit jantung juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki riwayat penyakit jantung maka keturunan mereka cendrung akan mengalami masalah yang sama.

Berikut ini adalah beberapa pola hidup sehat yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

Berhenti merokok ~ Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung pada seseorang. Berdasarkan penelitian, 20% kematian akibat serangan jantung dipicu oleh kebiasaan merokok seseorang. Resiko ini tidak hanya dialami oleh perokok aktif tapi juga perokok pasif. Karena itu pastikan Anda selalu terhindar dari asap rokok untuk menjaga kesehatan jantung Anda.
Tidur secukupnya ~ Berdasarkan penelitian, orang yang sering kurang tidur dapat beresiko mengalami kerusakan pada jantung mereka dan memiliki resiko lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidurnya cukup. Tidurlah sekitar 6 – 8 jam per hari agar tubuh dapat memulihkan diri.
Olah raga secara teratur ~ Bila sebelumnya Anda tidak berolah raga, maka mulai sekarang Anda perlu berolah raga dengan teratur. Mulailah dengan olah raga yang ringan seperti; berjalan kaki, bersepeda santai, dan olah raga ringan lainnya. Jangan memaksakan diri melakukan olah raga berat. Bila diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang olah raga yang paling cocok untuk Anda.
Relaksasi dengan rutin ~ Dengan melakukan relaksasi dengan rutin, kita akan mengurangi tekanan darah dan juga membantu menurunkan stress. Ada baiknya juga bila Anda mengambil kelas yoga atau meditasi karena selain dapat membuat Anda menjadi lebih rileks juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

(sumber: www.maxmanroe.com)

yuk masak di rumah
makan baik hidup lebih sehat