Cek Manfaat Buah Lengkeng yang Luar Biasa

Anda pasti sudah cukup mengenal buah kelengkeng, buah kecil nan manis yang sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat. Buah ini juga bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di balik rasa manisnya itu, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga sangat banyak. Yuk cek manfaat buah Lengkeng yang luar biasa.

Melawan Efek Radikal Bebas
Di dalam buah kelengkeng terdapat kandungan asam galat dan asam elagat yang merupakan  antioksidan yang bisa melawan efek negatif dari radikal bebas yang masuk ke tubuh. Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak ini dikhawatirkan bisa memicu kerusakan organ dan menyebabkan penyakit.

Buah Kelengkeng Baik untuk Tulang
Mengonsumsi buah ini juga sangat baik untuk kesehatan tulang sebab buah ini kaya akan  kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.  Penelitian juga menyebutkan bahwa asupan fosfor bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang secara signifikan. Lansia juga bisa mendapatkan manfaat jika rutin konsumsi kelengkeng, karena ia bisa mencegah kondisi seperti osteoporosis. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan orang dewasa untuk makan buah ini sekitar 3.5 ons per hari demi membantu memenuhi kebutuhan mineralnya.

Menjaga Kesehatan Otak
Lansia juga bisa mendapatkan manfaat lain dari buah ini, karena buah ini membantu mencegah penyakit Parkinson dan melindungi otak dari berbagai ancaman kerusakan. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan pada hewan juga menemukan bahwa kandungan polisakarida dari buah ini bisa mengurangi kerusakan otak pada pengidap stroke dan meningkatkan enzim antioksidan pada otak.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Anda yang mengeluhkan punya kelebihan berat badan juga bisa mendapatkan manfaat jika rutin konsumsi buah kelengkeng. Sebab, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Nutrisi di dalam buah kelengkeng ini bisa menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak tanpa perlu takut akan kalorinya. Selain itu, kandungan bakteri probiotik pada ekstrak buah kelengkeng juga bisa mengurangi kenaikan berat badan secara menyeluruh pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan.

Meningkatkan  Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng ternyata juga bisa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan vitamin C ini bisa berperan sebagai antioksidan yang akan membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri, yang merupakan penyebab dari berbagai penyakit jantung.

Mencegah Kulit Alami Penuaan Dini
Para ahli menduga bahwa kandungan antioksidan pada buah ini dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan mereka ternyata juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Jika dikonsumsi rutin, buah ini bisa mengurangi kerutan, bintik hitam, dan bekas jerawat pada wajah.