Info Sehat: Resolusi Sehat di Tahun Baru

Resolusi Sehat di Tahun Baru

Resolusi tahun baru berisi hal-hal yang ingin kita wujudkan selama setahun ke depan yang berdampak bagi  kesehatan sepanjang kehidupan kita. Ada berbagai macam resolusi yang biasanya kita buat, salah satunya adalah resolusi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa resolusi sehat yang dapat Anda buat dan jalankan di tahun yang baru.

  • Hentikan kebiasaan buruk

Di tahun yang baru ini, hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan, misalnya merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga, sering begadang, atau terlalu banyak makan. Pertama-tama kurangi sedikit demi sedikit. Kemudian gantilah kebiasaan buruk di atas dengan kebiasaan sehat. Kemudian, hentikan sama sekali dan jangan pernah berpikir untuk kembali ke kebiasaan lama Anda.

  • Kurangi konsumsi junk food

Jika di tahun lalu Anda sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, cobalah untuk menguranginya di tahun ini. Jadi, jika kita biasanya pergi ke restoran cepat saji setiap hari, kurangi menjadi seminggu sekali dengan harapan perlahan tapi pasti berkurang menjadi sebulan sekali dan selanjutnya hanya beberapa bulan sekali.

  • Perbanyak asupan makanan bergizi

Senada dengan poin di atas, kurangi juga konsumsi makanan berlemak dan kudapan yang banyak mengandung penyedap rasa. Kita sebagai orang-orang yang tinggal di Indonesia sangat beruntung karena kita bisa mengudap rujak atau asinan sebagai camilan sehat, lezat, dan murah. Kita juga dapat minum jus buah segar dan susu rendah lemak alih-alih minuman bersoda atau minuman berkafein tinggi.

  • Belajar mengendalikan stress

Tetapkan juga resolusi untuk mengendalikan perasaan Anda, misalnya untuk tidak mudah marah, tidak gampang tersinggung, tidak menyimpan dendam, serta lebih cepat memahami dan mengampuni orang lain.

  • Berolahraga secara rutin

Luangkanlah waktu untuk berolahraga, setidaknya sekali seminggu. Anda tidak perlu ikut bergabung dengan klub kebugaran atau membeli alat treadmill dengan teknologi terkini. Lakukanlah olahraga sederhana dengan beberapa set push-ups, sit-ups, dan pull-ups. Di luar rumah, Anda bisa berlari di taman terdekat atau bersepeda ke tempat kerja.

  • Kunjungi dokter secara teratur

Jika  Anda belum melakukannya, pilihlah dokter pribadi Anda sekarang. Dokter yang baik adalah dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda serta memerhatikan kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Dokter yang baik adalah dokter yang tidak hanya mampu mengobati penyakit, tetapi juga mampu mencegah penyakit terjadi pada diri Anda, yaitu dengan memberikan Anda saran dan melakukan check-up kesehatan secara teratur.

  • Miliki asuransi kesehatan

Pastikan Anda sekeluarga memiliki asuransi kesehatan, baik dari perusahaan tempat Anda bekerja maupun dari program kesehatan pemerintah, misalnya BPJS yang persyaratannya mudah dan harga preminya terjangkau. Cari tahu tentang opsi asuransi kesehatan yang Anda minati dan apa saja manfaat yang ditawarkannya. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda untuk membayar preminya. (sumber:www. keluarga.com)