Rempah dan Bumbu Khas Indonesia Penjaga Stamina

2 March 2022

Tubuh kita pasti memiliki sistem imun yang mengelola daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang maksimal menjadi pertahanan utama dari infeksi virus, kuman, dan bakteri.

Berikut bumbu dapur yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe
Jahe bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Sejumlah kandungan baik tersebut membuat jahe banyak dipakai dalam pengobatan alami untuk mengatasi mual, dan menangkan berbagai masalah gangguan pencernaan. Antioksidan yang tinggi dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari racun, bahkan virus berbahaya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebusnya hingga sedikit asat, kemudian campur dengan madu. Selain itu, Anda dapat menggunakan jahe sebagai bumbu masakan atau dicampur dalam segelas teh.

Kayu Manis
Kayu manis bukan hanya mampu meningkatkan sistem imun tubuh saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Rempah yang satu ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengatur gula darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan kayu manis ke dalam minuman hangat atau menaburkannya di atas hidangan kesukaanmu.

Cabai Rawit
Dengan kandungan senyawa capsaicin yang tinggi, cabai rawit mampu mengurangi risiko kematian akibat stroke atau serangan jantung. Cabai rawit juga mengandung banyak vitamin, mineral, juga antioksidan, sehingga mampu dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu masakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah, cabai rawit tidak boleh dikonsumsi pengidap masalah lambung. Alasannya adalah, makanan pedas memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung. Jika sudah begitu, alih-alih menyehatkan, orang dengan gangguan kesehatan tertentu akan terserang mulas-mulas, bahkan diare.

Kunyit
Warna cerah kunyit didapatkan dari senyawa kurkumin, yang diyakini sebagai zat anti-inflamasi alami. Saat ini kunyit digunakan dalam pengobatan alami untuk menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah infeksi, melawan peradangan secara alami, serta merangsang produksi antioksidan dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam masakan.

Bawang putih
Bawang putih jenis rempah yang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan mangan. Sejumlah kandungan baik tersebut dianggap dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Bawang putih telah digunakan dalam pengobatan alami selama bertahun-tahun sebagai obat rumahan yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antibiotik. Sejumlah bahan alami tersebut dipercaya mampu membersihkan tubuh dari zat-zat yang membahayakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolahnya sebagai bumbu masakan atau sup. Anda juga bisa menaburkan bawang putih goreng di atas nasi atau masakan berkuah lainnya.

Temulawak
Temulawak atau curcuma xanthorrhiza roxb juga kaya akan kandungan kurkumin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadi bahan obat tradisional. Biasanya, konsumsi temulawak sama seperti kunyit dan jahe. Bahkan ketiganya bisa dicampur jadi satu. Selain untuk daya tahan tubuh, temulawak juga berkhasiat menurunkan kolesterol dalam darah, menyehatkan saluran pencernaan, meringkankan gejala osteoarthritis, serta mencegah obesitas dan diabetes.

Serai atau sereh
Serai atau sereh adalah rempah-rempah penambah daya tahan tubuh yang akar dan batangnya biasa digunakan untuk penyedap masakan. Namun serai juga punya manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan imun dan menangkal penyakit, detoksifikasi, hingga mencegah naiknya kolesterol. Ragam manfaat tersebut karena serai memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, zat besi, asam folat, fosfor. Serai juga memiliki sifat antibakterial, antiinflamasi, antipiretik, antidepresan. Konsumsi serai paling mudah adalah dibuat minuman. Anda bisa langsung merebusnya dengan air atau merendam serai ke dalam teh. Jangan lupa untuk mencuci dengan air bersih sebelum merendam serai.