supermarket murah saat belanja

Bagaimana mengurangi penggunaan plastik saat belanja?

Sudah banyak orang yang mendiskusikan tentang pentingnya mengurangi pengunaan kantong plastik. Tapi berapa banyak yang sudah betul-betul berhenti memakai kantong kresek saat belanja?
 
Mungkin pertanyaan Anda, "Memang kenapa tidak boleh pakai kresek? Kan, kresek itu gratis dan praktis?!" Betul! Namun, tiap tahun jutaan kantong kresek dibuang setelah dipakai hanya satu kali. Kresek jadi sampah--dibuang dan dibakar. Kemudian, kresek akan masuk ke got, menyumbat aliran air dan menyebabkan banjir.
 
Ayo, ikuti beberapa tips berikutnya supaya ketika Anda diberikan kantong kresek saat di kasir, Anda bisa menjawab: "Tidak perlu, saya bawa tas sendiri!"
  • Senantiasa simpan tas belanja di dalam tas (ransel) dan kendaraan Anda. Biar Anda tidak perlu pakai kresek lagi, simpan tas tersebut di bawah kursi sepeda motor, di dalam mobil, atau di ransel. Biar Anda tidak perlu lagi mengeluh, "wadooooh, saya lupa lagi bawa tas belanja".
  • Beli tas yang mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana, misalnya tas pakai ulang Go Green atau Fashion bag Super Indo yang bisa di beli di seluruh gerai Super Indo Supermarket. Selain bisa dilipat tas ini memiliki desain unik dan harga yang terjangkau serta kapasitas yang cukup besar bisa menampung barang belanjaan yang Anda beli.
  • Bawa kantong plastik yang bisa dipakai ulang (Ziploc atau mesh bag ) untuk sayuran dan buah. Kemasan Ziploc bisa dipakai ulang, dan karyawan di pasar swalayan tidak keberatan jika Anda membawa kemasan sendiri. Tas Ziploc bisa dibeli dimana saja (biasanya merk Bagus) dengan harga murah.
  • Ingatkan kasir bahwa kamu tidak perlu kantong kresek. Biasanya kasir secara otomatis memasukkan belanjaan si pembeli ke dalam kantong kresek. Saat akan membayar, katakan kalau Anda tidak memerlukan kantong plastik, sambil menunjukkan tas belanja yang sudah Anda bawa.
  • Jelaskan pada kasir alasan Anda membawa tas sendiri. Masih banyak orang yang tidak mengerti kenapa kita harus mengindari pakai kemasan plastik yang hanya dipakai satu kali. Kalau mereka paham alasannya, biasanya mereka akan mendukung upaya seperti ini, apalagi kalau Anda sering belanja di pasar swalayan mereka.
  • Jika lupa membawa tas belanja dari rumah, masukkan belanjaan ke dalam ransel, tas atau kantong celanamu. Jika hanya membeli produk yang berukuran kecil dan dalam jumlah sedikit, seperti permen, odol, sabun, baterai, atau air kemasan, bawa saja dengan tangan, atau masukkan ke dalam kantong celana atau tas yang Anda bawa saat itu.

Super Indo supermarket murah, segarnya hemat!

(sumber: www.greenlifestyle.or.id)