Kenali Jenis Mangga Beserta Keunggulannya

22 June 2022

Selain karena cita rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
 

Berikut beberapa jenis mangga yang bisa kamu temui di pasaran dan tentunya di Super Indo:

Mangga Harum Manis
Varietas Mangga Harum Manis, ada juga yang menyebutnya mangga Arumanis, merupakan buah asli dari Indonesia dan juga tumbuh di sebagian wilayah Malaysia. Aroma manis dan khas membuat mangga ini diberi nama Arumanis atau Harum Manis. Warna kulitnya hijau bahkan sampai matang, bentuknya lebih lonjong dan besar, daging buahnya berwarna kuning dengan aroma yang sangat khas dari mangga, rasanya juga manis dengan aftertaste sedikit pahit.

Mangga Gedong
Mangga Gedong Gincu merupakan salah satu mangga yang memiliki banyak penggemar, tidak heran karena ketika mangga ini matang rasanya sangat manis sehingga sangat nikmat untuk dimakan secara langsung ataupun dijadikan olahan lainnya. Ukurannya tidak terlalu besar dengan bentuk yang hampir bulat dengan sedikit lonjong. Warna kulit buah ini hijau dan berganti kekuningan ketika sudah masak, biasanya petani memanen Mangga Gedung Gincu ketika kematangan 80% sehingga masih tersisa warna hijau pada kulitnya.

Mangga Manalagi
Buah Mangga Manalagi ini juga disebut mangga madu dan banyak sekali berasal dari daerah Jawa Timur tepatnya Probolinggo dengan ukuran yang kecil sampai sedang. Kulit hijaunya tebal dengan bintik-bintik putih yang banyak, buah ini memiliki daging buah yang tebal dengan rasa manis yang lekat hampir tanpa rasa asam yang biasanya menyertai buah mangga. Hal tersebut yang membuat mangga ini sangat disukai masyarakat serta banyak membudidayakan buah Mangga Manalagi ini.

Mangga Golek
Jenis Mangga Golek ini merupakan salah satu jenis mangga yang menjadi unggulan para petani buah mangga lokal. Hal tersebut karena karakteristik buah yang unggul seperti daging buah yang tebal, lunak, tidak berserat, dan tidak mengeluarkan air ketika diiris atau potong. Kulitnya berwarna hijau ketika muda dan berubah kuning ketika sudah matang, selain itu ukuran buahnya yang besar dan panjang menjadi favorit banyak orang dengan rasa manis dan wangi mangga yang sangat khas.

Mangga Kweni
Mangga Kweni termasuk buah mangga yang banyak di konsumsi masyarakat dan telah banyak budidaya nya sehingga mudah ditemui. Mangga kweni ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga akan sangat mudah dikenali. Selain itu ukurannya lebih kecil dengan daging buah yang halus dan lembut. Rasa buah kweni lebih asam dan rasa manis yang mengikuti, hal ini yang membuat Mangga Kweni juga terkadang menjadi campuran masakan untuk menambah rasa segar dari masakan.

Mangga Alpukat
Walaupun nama buah ini adalah Mangga Alpukat namun bukan berarti mangga ini hasil silang dengan Alpukat. Pemberian nama Alpukat pada mangga ini dikarenakan mangga ini dapat dimakan seperti Alpukat ketika sudah matang, dengan cara membelah jadi dua dan memisahkan biji dengan dagingnya. Mangga alpukat ini termasuk varietas Arumanis sehingga memiliki rasa manis dan harum yang menggoda. Untuk mengkonsumsi seperti Alpukat harus menunggu sampai mangga ini matang kemudian dibelah menjadi dua dan di putar hingga terpisah, dimana biji akan lepas dari salah satu sisinya.

Mangga Chokanan
Mangga Chokanan ini berasal dari Thailand dengan karakteristik rasa yang manis seperti madu, bentuk lonjong dengan kulit yang berwarna kuning. Buah mangga ini dapat di makan baik ketika matang ataupun masih mentah karena rasa manisnya sudah dapat dirasakan bahkan ketika belum matang sempurna. Pemeliharaannya juga termasuk mudah karena dapat di tanam dalam pot asalkan mendapat cukup asupan sinar matahari.

Mangga Irwin
Mangga Irwin adalah hasil persilangan bibit yang dibawa dari Darwin, Australia dan jenis mangga lokal. Persilangan ini berhasil dan memunculkan varietas baru dengan keunikan yang dapat dilihat dari warna kulit buah yang merah keunguan dan rasa daging buah yang manis serta agak asam. Varietas mangga ini dapat diterima dipasaran dan memilki harga jual yang tinggi karena keunggulannya tersebut.