Kenali Salak, Buah Bersisik Banyak Manfaat

12 January 2022

Salak adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari Sumatra dan Jawa ini memiliki kulit berwarna coklat dan bersisik kasar, sehingga dikenal juga dengan nama snake fruit. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat salak menjadi salah satu buah favorit di Indonesia.

Berikut manfaat salak yang perlu Anda ketahui:

Mengatasi Sembelit
Nyatanya masih ada orang yang beranggapan bahwa kamu bisa sembelit jika konsumsi buah salak, padahal anggapan tersebut keliru. Sembelit memang bisa terjadi karena tekstur buah salak yang padat dan kamu mengonsumsinya tanpa diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Namun, jika kamu menyisakan sedikit kulit ari tipisnya untuk dimakan, diduga ini akan melancarkan pencernaan. Sebab kulit tipis ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Menyehatkan Tulang
Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu atau daging saja, padahal buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Manfaat buah salak ini datang karena didalamnya terdapat kalsium yang dibutuhkan tulang.  Bahkan di dalam salak terdapat kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Mengatasi Kondisi Anemia
Wanita lebih sering mengalami gejala anemia karena mereka kerap kehilangan zat besi akibat mengalami menstruasi. Jika gejala anemia terjadi seperti lemas, maka kamu bisa coba makan buah salak. Sebab manfaat buah salak lainnya termasuk dapat mengatasi kondisi anemia yang mengkhawatirkan. Ini karena buah salak mengandung zat besi dan thiamin yang bisa membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Baik untuk Kesehatan Mata
Manfaat buah salak selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini datang karena kandungan antioksidan beta karoten di dalam buah salak sehingga ia akan membantu menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat. Selain itu, betakaroten dalam buah salak diduga lima kali lebih banyak, daripada semangka dan mangga.

Menyehatkan Jantung
Manfaat buah salak juga bisa menyehatkan jantung. Ini karena buah salak kaya akan kandungan kalium yang menyehatkan jantung. Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi di dalam buah salak juga dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

Meningkatkan Memori
Manfaat salak yang satu ini membuatnya dijuluki sebagai buah ingatan. Alasannya, karena salak mengandung mineral serta bahan aktif berupa kalium dan pektin. Kandungan zat tersebut mampu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan kognitif, serta memperkuat daya ingat. Di samping itu, antioksidan di dalam buah salak turut membantu mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam sel-sel tubuh. Sehingga, makan buah salak dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif.