Selain Menurun Tekanan Darah Tinggi, Cek Manfaat Bawang Putih Lainnya!

9 June 2021

Menjaga kesehatan jantung
Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

Mencegah kanker
Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan gejala berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker pankreas. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bawang putih dalam mencegah kanker.

Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia
Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Bawang putih sebagai antibiotik
Senyawa yang terkandung dalam bawang putih, 100 kali lebih efektif daripada dua antibiotik populer dalam memerangi bakteri Campylobacter yang menjadi penyebab infeksi usus. Kandungan Diallyl Sulfide di bawang putih memiliki potensi untuk mengurangi bakteri penyebab penyakit di lingkungan dan makanan.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang putih memiliki filonutrien yang dapat mengurangi stres oksidatif, sehingga mampu memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, rutin mengonsumsi bawang putih mampu mengurangi kelelahan dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu.

Meringankan Sakit Gigi
Bantu meredakan sakit gigi merupakan manfaat bawang putih bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan. Bawang putih memang sudah dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun sayangnya, cara ini membawa efek samping terjadinya iritasi pada gusi.