Manfaat Melon yang WAJIB Anda Ketahui

11 May 2022

Mulai dari mencegah berbagai penyakit hingga baik untuk kesehatan, berikut manfaat buah melon untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Mencegah Kanker
Salah satu manfaat buah melon untuk kesehatan adalah mencegah penyakit kanker. Hal in dikarenakan buah melon memiliki kandungan karotenoid yang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Keratenoid adalah zat warna alami yang ada di dalam buah dan sayuran. Karotenoid diketahui memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan juga meningkatkan imunitas dalam tubuh. Rajin mengonsumsi buah melon dapat membantu melindungi tubuh dari kanker payudara dan juga prostat.

Mencegah Serangan Jantung
Manfaat buah melon lainnya adalah dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini dikarenakan buah melon mengandung zat adenosine. Selain dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, adenosine juga mencegah terjadinya pengendapan darah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Adenosine juga dapat membatu sel darah. Zat ini juga dapat membantu melancarkan sel darah sehingga menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung. Adenosine memiliki peran penting dalam patofisiologi gagal jantung dan perlindungan miokard seama iskemia dan reperfusi.

Menjaga Kesehatan Mata
Selain wortel, ternyata manfaat buah melon juga dapat menjaga kesehatan mata. Melon mengandung dua antioksidan yang paling potensial untuk tubuh, yaitu lutein dan zeaxanthin. Senyawa karotenoid ini diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini secara teratur, seperti buah melon, dapat menjaga fungsi mata dengan baik bahkan seumur hidup. Selain itu, rajin mengonsumsi melon telah terbukti menurunkan risiko katarak hingga 15 persen. Beta-karoten yang ditemukan di dalam buah melon diubah menjadi vitamin A, yang akan membantu penglihatan malam dan fungsi umum pada mata lainnya.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Dalam satu porsi lemon atau setara 177 gram mengandung 1,4 gram serat yang dibutuhkan untuk membantu mengatur pencernaan dan kadar kolesterol dalam tubuh. Asupan serat yang cukup dapat memperlambat respon gula darah dan meningkatkan kerja usus secara teratur dan menumbuhkan bakteri baik. Studi menyebutkan bahwa sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi racun di dalam tubuh. Selain itu, pencernaan yang baik juga dapat mengontrol kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. Manfaat buah melon mengandung serat laut dan tidak larut yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menambah masa pada tinja sehingga membantu meringankan masalah seperti sembelit. Meskipun banyak buah lain yang mengandung banyak serat, tetapi melon merupakan salah satu yang terbaik. Faktanya, bagi beberapa orang dengan gangguan pencernaan, buah melon merupakan makanan yang lebih mudah ditolerir dibandingkan dengan makanan tinggi serat lainnya.

Menyehatkan Kulit
Kandungan vitamin C yang ada dalam buah melon dapat menyehatkan kulit. Melansir healthline, vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan zat yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan pengelupasan sel-sel mati. Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menyembuhkan luka, menjaga elastisitas kulit dan perbaikan kulit lain secara umum. Mengonsumsi buah melon secara rutin dapat membantu Moms meningkatkan kebutuhan vitamin C harian sehingga kulit semakin sehat, kencang dan bercahaya.

Melawan Radikal Bebas
Buah melon juga diperkaya dengan flavonoid antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan cryptoxhantin. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit seperti diabetes melitus, Parkinson, Alzheimer-AD, Multiplesclerosis, hipertensi, asma, katarak dan berbegai jenis penyakit kanker, seperti prostat, payudara, paru-paru dan kandung kemih.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Kandungan diuretik yang ada di dalam buah melon membantu melancarkan buang air kecil. Sehingga dapat membantu kerja ginjal saat melepaskan sisa air di dalam tubuh. Diuretic adalah agen yang biasa digunakan pada penyakit yang ditandai dengan kelebihan cairan ekstraseluler seperti penyakit ginjal kronis, sindrom nefrotik, sirosis dan gagal jantung. Untuk penderita penyakit ginjal, cobalah mengonsumsi buah melon dicampur dengan jeruk nipis setiap pagi sebelum sarapan agar ginjal dapat Kembali sehat.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Secara umum, rajin mengonsumsi buah dan sayuran dapat menurunkan risiko darah tinggi dan penyakit jantung. Bukti lain menunjukan bahwa diet rendah natrium dan mendapat asupan kalium yang cukup secara positif mempengaruhi regulasi tekanan darah. Karena melon adalah buah dengan natrium rendah dan kaya akan kalium, melon dapat membantu menjaga tekanan darah Moms. Jika ingin meningkatkan potassium, coba tambahkan buah melon sebagai menu makanan penutup di rumah.

Membantu Kesehatan Tulang
Buah melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang agar semakin kuat, seperti folat, vitamin K dan Magnesium. Secara khusus, buah melon adalah sumber folat yang baik. Folat sangat penting untuk menjaga kadar homosisten atau kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu. Walaupun perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan antara folat dan kesehatan tulang, tetapi mengonsumsi buah melon dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homosistein tetap dalam kisaran normal. Tak hanya folat, vitamin K juga memiliki keterlibatan dalam produksi protein structural utaman dalam tualng atau lebih dikenal osteocalcin. Oleh karena itu, asupan vitamin K yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang.

Mengontrol Gula Darah
Manfaat buah melon selanjutnya telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, yang menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti melon secara teratur dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Anggapan bahwa buah manis seperti melon tidak baik untuk penderita diabetes itu salah. Karena, indeks glikemik dalam buah melon tergolong sedang yaitu 62 sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan beragam nutrisi agar berfungsi dengan baik. Vitamin C adalah komponen paling penting saat terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi saluran pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa. Manfaat buah melon lainnya, yaitu mengandung vitamin C. Jadi, kalau Moms ingin daya tahan tubuh semakin kuat bisa mulai mengonsumsi buah melon sebagai makanan penutup.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah dan sayuran merupakan makanan yang sangat disarankan saat sedang menjalani program diet. Buah melon merupakan salah satu buah yang sangat disarankan untuk Moms yang sedang menjalani program diet. Kandungan kalori yang rendah dalam buah melon dapat membantu Moms yang sedang menjalankan program diet rendah kalori. Mengutip mayo clinic, satu porsi melon atau setara dengan 177 gram melon mengadung sekitar 53 kalori sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, buah melon juga kaya akan kandungan serat sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Namun, Moms perlu memperhatikan saat memilih melon selama menjalankan program diet. Pastikan moms memilih buah melon yang sudah matang sempurna. Karena melon yang masih mentah atau terlalu matang akan membuat rasa melon berubah dan tidak enak dikonsumsi. Melon juga dapat dinikmati dengan cara dinakan langsung atau dibuat berbagai macam menu, seperti campuran salad, smoothies atau jus.