Tips Atasi Anak Susah Makan Buah

25 August 2021

Tidak sedikit dari anak-anak kita yang menolak ketika disuguhkan buah. Baik sebagai snack atau diolah sebagai minuman segar seperti juice atau smoothies. Tapi buah merupakan salah satu makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi anak pada masa pertumbuhannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan buah? Yuk kita simak tips mengatasi anak susah makan buah berikut ini…

Suguhkan berbagai jenis buah
Sajikan berbagai jenis buah potong seperti menyajikan rujak. Biarkan anak bereksperimen dengan rasa. Dengan mencoba beragam buah, nantinya anak dapat memilih sendiri buah yang cocok dengan seleranya. Jika anak menyukai rasa manis dan pedas, Ibu bisa menyajikan buah dalam bentuk rujak juga, lho. Dengan demikian anak tidak akan merasa bosan hanya mengonsumi buah itu-itu saja.

Ajak anak untuk membeli dan menyiapkan buahnya sendiri
Ajaklah anak saat berbelanja ke supermarket seperti Super Indo, biarlah ia memilih buah yang menarik baginya. Berbagai macam buah yang ditawarkan oleh Super Indo, selain menarik dari sisi warna dan bentuk, juga dari sisi kesegaran buah dan penataan yang menarik. Jangan lupa, berilah mereka informasi menarik dan manfaat buah-buahan bagi tubuhnya, tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Kemudian pada saat Ibu menyiapkan buah untuk dimakan, libatkan juga anak. Ibu bisa meminta anak untuk mencuci buah atau mengupasnya. Hati-hati dengan pisau ya bu... Hal ini dapat membangkitkan selera dan keingintahuan anak untuk mengonsumsi buah.

Berkreasi dengan buah
Olah buah menjadi makanan kesukaan anak seperti Juice, Smoothies, Puding atau ice cream. Bisa juga menambahkan buah di dalam makanan anak sehari-hari seperti di susu, roti atau sereal . Kalau Ibu bingung cara mengolah buah-buahan segar atau resep buah, silahkan kunjungi website Super Indo di www.superindo.co.id atau follow akun social media Super Indo seperti Instagram @infosuperindo , Facebook @SuperIndoSupermarket, Twitter @infosuperindo atau cek aplikasi membership My Super Indo untuk mendapatkan inspirasi menu olahan buah yang pasti disukai oleh anak.

Menjadi contoh bagi anak
Anak selalu melihat contoh dari orangtuanya. Jika Ibu mengharapkan agar anak mau mengonsumsi sayur dan buah, maka Ibu pun harus sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Ajak anak makan buah bersama Ayah dan Ibunya dalam suasana rileks dan menyenangkan. Selain itu, biasakan menjelaskan manfaat buah saat Ibu menyajikannya. Kebiasaan ini sebaiknya dilakukan sejak dini sehingga akan terbawa sampai anak dewasa.