Tips Praktis Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa

30 March 2022

Tidak terasa sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan Ramadhan. Harus menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Walaupun nampaknya jauh lebih mudah karena berkurangnya jatah makan kita, ternyata Ramadhan malah sering bikin kantong kita bolong. Puasa seharian kadang membuat kita lapar mata dan ingin membeli ini-itu. Padahal, tidak semuanya sanggup dihabiskan ketika berbuka puasa. Alhasil, tidak jarang banyak yang membuang-buang sisa makanan ataupun jadi malas beribadah Salat Tarawih karena perut keburu buncit dan mengantuk. Nah, agar isi dompet tetap terjaga dan ibadah tetap maksimal kita bisa loh menyiasati dengan beberapa tips berikut.

Membuat daftar menu lengkap untuk satu bulan penuh
Ingin tetap bugar dan menjaga kesehatan kantong hingga hari lebaran tiba? Membuat panduan menu untuk satu bulan tentu menjadi kunci utama. Dengan adanya daftar menu, Anda bisa menghitung budget dan meminimalisir terjadinya impulsive buying terhadap beberapa makanan dan jajanan yang menggiurkan tiap kali mampir ke pasar sore Ramadhan. Daftar tersebut juga membantu kita menghitung jumlah asupan kalori dan gizi  selama satu bulan.

Menyiapkan stok makanan untuk sahur
Salah satu tantangan terbesar ketika bulan Ramadhan adalah ibadah makan sahur. Menyiapkan makanan praktis siap santap, bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Siapkan makanan Ready to eat seperti Abon, kering kentang, kering tempe, salad siap santap atau rendang telur. Selain makanan ready to eat, ada juga jenis makanan ready to heat. Jenis makanan ready to heat sedikit lebih membutukan effort untuk menyiapkannya. Contoh makan ready to heat adalah frozen food seperti nugget, chicken wings, pepes ataupun sandwich. Selain ready to eat dan ready to cook. Ada satu lagi jenis makanan yang bisa membantu untuk makan sahur lebih lezat dan praktis, yaitu makanan ready to cook. Tidak seperti ready to eat dan ready to heat, selain membutuhkan effort lebih, juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Contoh makanan ready to cook adalah paket sayur sop (lengkap dengan sayur yang sudah di potong dan bumbu), Ayam goreng ungkep ataupun ikan yang sudah dibumbui dan siap dibakar.

Siapkan makanan berbuka lebih banyak
Persiapkan menu makanan berbuka puasa lebih banyak dan pilih lauk yang cocok untuk sahur. Buat dengan jumlah lebih supaya bisa dihangatkan dan disantap ketika sahur. Anda bisa memasak satu atau dua macam lauk sebelum berbuka puasa. Selain itu pisahkan makanan untuk buka puasa dengan sahur. Tujuannya supaya makanan tidak dipanaskan berulang-ulang dan jadi asin rasanya. Rasa asin ini bisa menimbulkan rasa haus.