Berbagai Sumber Vitamin C Selain Jeruk

14 October 2020

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang tersedia di banyak buah dan sayuran (bukan hanya jeruk). Dan meskipun itu mungkin tidak benar-benar membantu menyembuhkan flu, umumnya Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dan membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Jadi berapa banyak vitamin C yang harus Anda konsumsi setiap hari? Menurut AKG, anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C paling tidak 65-90 mg per hari. Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C harian Anda adalah 75-90 mg. Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh Anda hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap dan tak ada gunanya buat sel-sel Anda. Sehingga satu jeruk yang mengandung sekitar 100 mg vitamin C, sudah memberikan 130 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

Tetapi jeruk bukanlah satu-satunya sumber nutrisi penting ini. Coba simak buah-buahan di bawah ini  yang memiliki lebih dari cukup vitamin C untuk memenuhi rekomendasi harian — tidak termasuk jeruk.

 

Pepaya

Satu buah pepaya mengandung sekitar 185 mg vitamin C. Namun, pepaya cenderung berukuran besar, jadi Anda mungkin tidak ingin makan seluruhnya sekaligus. Coba tambahkan ke smoothie Anda berikutnya, untuk rasa yang berbeda.

 

Stroberi

Buah ini bukan hanya hal terbaik yang ada di musim panas — buah ini juga kaya akan antioksidan. Hanya 10 buah beri yang mengandung sekitar 108 mg vitamin C.

 

Nanas

Jika Anda menyukai piña coladas (minuman cocktail Nanas), Anda mungkin mendapat cukup vitamin C. Buah tropis ini memiliki 114 mg vitamin C per 1,5 cangkir. Beli beku dan tambahkan ke smoothie Anda.

 

Kiwi

Satu cangkir kiwi (sekitar dua buah kiwi) memiliki 164 mg vitamin C. Bonus: Camilan buah ini juga rendah kalori.

 

Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

 

Mangga

Lebih sedikit dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah-buahan di atas, kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga.

 

Buah Naga Merah

Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan vitamin C pada buah naga juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

 

Melon

Vitamin C yang ada pada buah melon adalah 35 mg per 100 gram. Angka tersebut lebih tinggi 4,5x dibandingkan dengan buah semangka dengan berat yang sama. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

 


ayo makan sehat , eat well live better