Tambahkan makanan ini di Sajian Lebaran, Agar Badan tetap Bugar

13 May 2021

Momen Lebaran tentunya selalu dilengkapi dengan hidangan khas Lebaran. Agar kesehatan Anda dan keluarga senantiasa terjaga selama hari Raya ini, maka Anda perlu menghidangkan beragam menu sehat saat perayaan tersebut selain menu-menu khas Lebaran yang biasanya ada.

Tambahkan makanan berikut agar badan tetap bugar dan Lebaran tetap sehat

Kurma
Buah kurma mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh Anda. Dari vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C, protein, hingga mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, dan zink. Dengan berbagai kandungan tersebut, kurma dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke, sembelit, serta menurunkan risiko diabetes.

Roti atau kukis gandum
Daripada menyajikan cake atau kue-kue manis berkalori tinggi yang biasa ada di toples saar Lebaran, lebih baik Anda memilih roti gandum atau kukis berbahan gandum yang jelas terbukti khasiatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Para peneliti dari Imperial College London, Inggris, menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dalam sehari, kebutuhan serat alami seseorang akan meningkat. Dengan demikian, risiko terkena kanker usus pun akan menurun sebesar 10 persen. Bahkan, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak sekalipun, gandum mampu memberikan efek. Memasukkan 90 gram gandum dalam menu makanan keseharian Anda dapat menurunkan 20 persen risiko kanker usus.

Opor ayam tanpa santan
Dapat dipahami bahwa kebiasaan menyajikan opor ayam saat Lebaran memang sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Menghilangkan menu opor ayam dari sajian Lebaran Anda tentunya membutuhkan adaptasi yang tidak mudah. Solusinya, Anda tetap dapat menyajikan makanan lezat ini, namun mengolahnya dengan cara yang lebih sehat. Bahan pengganti santan yang bisa Anda gunakan antara lain kacang atau kemiri yang ditumbuk halus, susu kedelai, krim rendah lemak, atau plain yoghurt. Terutama kemiri dan kacang-kacangan sudah dikenal dapat memberikan rasa gurih dan tekstur creamy yang berasal dari kandungan lemak tak jenuhnya. Jenis kacang yang biasa digunakan adalah kacang mede dan almon. Dengan bahan ini, Anda juga dapat membuat garang asam dan sayur bobor bayam tanpa harus menggunakan santan.

Sajian daging tanpa lemak
Rendang daging tentunya sangat menggoda dan menjadi salah satu menu Lebaran yang selalu dicari. Tak perlu khawatir, Anda tetap dapat menyajikannya, namun pilihah daging tanpa lemak, yaitu bagian has dalam.

Salad sayur
Menu ini wajib ada di meja makan Anda saat lebaran. Sayur-sayuran dapat membantu menetralisir berbagai makanan yang Anda konsumsi saat Lebaran. Selain kaya vitamin, kandungan serat pada sayuran juga dapat memperlancar pencernaan Anda.

Buah potong
Jika ingin camilan sehat, sajikan buah-buahan potong untuk  keluarga Anda. Rasa manis alami dari buah-buahan tak akan membuat Anda khawatir akan naiknya berat badan usai libur Lebaran berakhir.

 Jus buah
Daripada menyuguhkan minuman sirup atau soda, lebih baik Anda membuat jus dengan berbagai campuran buah atau sayuran yang sudah pasti sehat. Dengan demikian, tubuh Anda dan keluarga pun tetap bugar selama Idul Fitri.