makan baik hidup lebih sehat tingkatkan imunitas

Superfood untuk tingkatkan Imunitas

23 September 2020

Superfood adalah kelompok makanan yang dianggap memiliki kekayaan nutrisi yang padat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Makan baik hidup lebih sehat dengan Superfood (eat well live better).

Di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana kita membutuhkan makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, superfood merupakan makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kekebalan yang harus dimasukkan ke dalam daftar makanan kita mulai sekarang. Dan ini bukan hanya makanan yang meningkatkan kekebalan untuk orang dewasa saja tetapi juga untuk anak-anak.

Simak beberapa makanan dibawah ini yang layak mendapatkan gelar superfood:

Ikan berminyak

Salmon liar, sarden, dan tuna hanyalah beberapa contohnya. Ikan berminyak adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik, termasuk juga mineral seperti iodin, kalium, selenium, dan zinc. Salmon liar mengandung banyak vitamin D dan selenium untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan tulang. Selain deretan nutrisi di atas, sarden juga diperkaya oleh vitamin B. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi ikan berminyak pilihan Anda setidaknya tiga kali seminggu. Untuk alternatif bagi Anda yang tidak suka ikan, coba biji rami, chia seed, atau kacang kenari yang juga mengandung tinggi omega-3.

 

Telur

Saat ini sains telah membuktikan bahwa makan telur tidak akan memberikan Anda kolesterol tinggi, seperti kata mitos yang sudah lama beredar . Bahkan, telur memiliki rapor cemerlang dalam kandungan protein yang berkualitas tinggi, termasuk mineral dan vitamin penting, seperti vitamin K, B12, dan asam folat. Satu butir telur mengandung sepertiga dari jumlah harian vitamin K yang direkomendasikan untuk wanita. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi telur dua-tiga porsi dalam seminggu.

 

Alpukat

Alpukat adalah buah bergizi tinggi, meskipun sering diperlakukan lebih seperti sayuran dalam aplikasi kuliner. Alpukat kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Mirip dengan minyak zaitun, alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal (MUFAs). Asam oleat adalah MUFA paling dominan dalam alpukat, yang dikaitkan dengan pengurangan peradangan dalam tubuh .Makan alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik, dan jenis kanker tertentu. Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi dan berserat tinggi yang dapat berperan dalam mengurangi peradangan dan penyakit kronis.

 

Kiwi

Buah kiwi juga menempati banyak daftar makanan super populer. Manfaatnya sama, untuk sebagian besar, seperti berry, melon, jeruk, apel, dan pir yang semuanya tinggi vitamin C dan kaya antioksidan. Buah kiwi diberi label makanan super karena mengandung jangkauan nutrisi lebih luas daripada beberapa buah-buahan lainnya. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi kiwi (yang juga mengandung serotonin, hormon yang membantu mendorong dan mempertahankan tidur) memberikan istirahat malam yang lebih baik pada orang dengan gangguan tidur.

 

Brokoli

Brokoli kaya akan magnesium dan vitamin C, yang dikenal membantu memerangi infeksi dan virus serta dianggap sebagai salah satu pemacu imunitas yang paling kuat. Vitamin C meningkatkan produksi interferon, antibodi yang menghalangi virus dan infeksi dari bepergian terlalu mendekati inti sel.

 

Kunyit (Kurkumin)

Kunyit adalah bumbu kuning cerah yang erat hubungannya dengan jahe. Berasal dari India, digunakan untuk memasak dan manfaat pengobatannya. Kurkumin adalah senyawa aktif dalam kunyit. Ini memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan merupakan fokus dari sebagian besar penelitian seputar kunyit. Studi menunjukkan bahwa kurkumin mungkin efektif dalam mengobati dan mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Ini juga dapat membantu penyembuhan luka dan pengurangan rasa sakit. Salah satu kekurangan penggunaan kurkumin sebagai obat adalah tidak mudah diserap tubuh, tetapi penyerapannya dapat ditingkatkan dengan memasangkannya dengan lemak atau rempah-rempah lain seperti lada hitam. Senyawa aktif dalam kunyit, kurkumin, dikaitkan dengan beberapa efek pengobatan. Kurkumin tidak mudah diserap dan harus dipasangkan dengan zat yang meningkatkan penyerapannya, seperti lada hitam.

Jahe

Jahe berasal dari akar tanaman berbunga dari Cina. Jahe digunakan baik sebagai penambah rasa kuliner dan untuk berbagai efek pengobatannya. Akar jahe mengandung antioksidan, seperti gingerol, yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang dilaporkan terkait dengan makanan ini. Jahe  efektif untuk mengatasi mual dan mengurangi rasa sakit akibat kondisi peradangan akut dan kronis. Ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu. Jahe tersedia segar, sebagai minyak atau jus dan dalam bentuk kering / bubuk. Mudah untuk dimasukkan ke dalam sup, tumis, saus, the ataupun dicampur dengan buah lain sebagai infused water.