Info Sehat: Super Vacation Ala Green Lifestyle Super Indo

SUPER VACATION ALA GREEN LIFESTYLE SUPER INDO

  1. Usahakan pergi dengan sepeda, kereta api atau busway untuk menuju tempat liburan. Hal ini berguna untuk mengurangi polusi udara.
  2. Membawa trash bag / tempat sampah  sendiri, jika di tempat liburan tidak bisa menemukan tempat pembuangan sampah.
  3. Membawa makanan / minuman dari rumah.
  4. Pilih tempat liburan yang menyajikan pemandangan dan hijaunya alam.
  5. Sebelum meninggalkan tempat liburan ajak keluarga ataupun teman-teman untuk terlebih dahulu membersihkan sampah dan membuang ditempat yang semestinya.
  6. Berikan dorong juga motivasi untuk industri pariwisata agar menyediakan tempat liburan ramah lingkungan. Menurut hasil penelitian banyak wisatawan asing mancanegara yang bersedia membayar lebih mahal asal kegiatan liburan mereka itu ramah lingkungan dan melestarikan kebudayaan masyarakat setempat .

 

Ada beberapa cara mudah berlibur a la Green Lifestyle yang bisa menjadi pilihan saat anda menuju tempat liburan :

 

Berkendara sampai jarak tertentu dari tempat tujuan , lalu parkir atau titipkan kendaraan di tempat yang aman, seperti rest area atau tempat parkir yang dikelola secara khusus , lalu lanjutkan perjalanan dengan cara yang lebih green lifestyle berjalan kaki, naik sepeda , becak , berkuda atau naik alat transportasi tradisional seperti kereta kuda.

Selain ramah lingkungan kita dapat menikmati pemandangan asri dan udara segar di sekitar tempat wisata, tanpa menambah polusi udara dari kendaraan yang kita bawa.

 

   

Bawalah tempat dan peralatan makan sendiri (food container). Ketika kita ingin beristirahat dengan makan di tempat wisata atau di dalam kendaraan pribadi, kita tidak meninggalkan sampah karena kita tidak memakai steorofam dan alat makan plastik untuk makanan yang kita beli.

 

Membawa tas berukuran besar akan sangat membantu kita dalam menyimpan barang-barang ataupun kotak makanan dan botol air serta keperluan anggota keluarga lainnya. Jika ingin yang lebih ringkas tas punggung (backpack) dapat menjadi pilihan untuk membawa barang keperluan keluarga dalam liburan singkat. Masukkan makanan / minuman kecil yang anda beli kedalam tas besar tersebut tanpa menggunakan kantong plastik. Bila tujuan berwisata anda ada rencana untuk membeli oleh-oleh berupa buah yang bisa dibawa pulang, gunakan container makanan yang sudah kosong untuk menyimpan atau bawa keranjang buah untuk menghidari pemakaian kantong plastik. 

Bawalah beberapa lembar sapu tangan / handuk kecil saat bepergian, lebih hemat dan tidak meninggalkan sampah dimana-mana.