Info Sehat: Super Sehat dengan Vitamin C

Super Sehat dengan Vitamin C

 

Vitamin C adalah vitamin yang sering ditemukan dalam buah jeruk dan beberapa makanan menyehatkan lainnya. Telah lama diketahui bahwa vitamin C dapat mencegah datangnya sariawan, penyakit pilek, atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Namun ternyata seperti dilansir dari magforwomen.com, ada beberapa manfaat lain dari vitamin C yang jarang diketahui.


Berikut adalah manfaat menakjubkan lain dari vitamin C yang harus Anda ketahui.

Menurunkan resiko serangan jantung
Vitamin C mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri jantung Anda menebal dan mampu meningkatkan serangan jantung sebab darah Anda menjadi tidak lancar.

Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang disarankan secara rutin mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung serta ginjal.

Menghindarkan dari resiko asma
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita asma biasanya memiliki jumlah vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu mengonsumsi vitamin C setiap hari mampu mengurangi sesak napas.

Melawan kanker dan mengurangi efek kemoterapi
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa vitamin C mampu melawan kanker dalam beberapa tahap. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat meminimalisir efek kemoterapi seperti mual.

Mengurangi resiko diabetes
Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ganti camilan manis Anda dengan buah jeruk atau buah-buahan lain yang mengandung vitamin C.

Mengurangi kram setelah berolahraga
Vitamin C dapat mengurangi rasa sakit atau kram yang biasanya terjadi setelah Anda berolahraga. Vitamin C juga mampu mengurangi produksi radikal bebas.

Vitamin C ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya bukan?

 

 

Pria yang mengonsumsi suplemen vitamin dalam dosis tinggi dan jangka panjang berisiko terkena kanker prostat hingga 30 persen, demikian menurut penelitian terbaru.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, penelitian tersebut tepatnya melibatkan 48.000 pria. Menurut peneliti, konsumsi suplemen vitamin lebih dari 20 tahun bisa menimbulkan tumor ganas yang memicu kanker.

"Ini bukan pertama kalinya penelitian membahas bahwa vitamin bersifat mematikan. Sekarang kami membuktikan kalau konsumsi vitamin C berlebih juga mampu memicu kanker," papar peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston dan University of Oslo di Norwegia.

Pada dasarnya, vitamin - baik yang dikonsumsi dari makanan atau pil - memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh dan menangkal penyakit tertentu.

Akan tetapi manfaat positif tersebut berubah menjadi mematikan jika suplemen vitamin dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah kanker prostat, seperti yang dibuktikan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam International Journal Of Cancer.

 

Untuk para pria, jangan ragu untuk memperbanyak konsumsi vitamin C Anda mulai sekarang! Mulailah untuk memperbanyak konsumsi jus jeruk atau buah kiwi.

Menurut sebuah penelitian seperti yang telah dilansir dari yourtango.com menyebutkan bahwa pria membutuhkan vitamin C untuk kondisi kesehatan organ reproduksinya.Vitamin C membantu untuk memompa produksi kolagen dalam tubuh yang sangat penting untuk organ reproduksi. Vitamin C juga membantu para pria dalam menangkal disfungsi seksual seperti ejakulasi dini.

Lebih lanjut penelitian ini juga menjelaskan bahwa vitamin C membantu kelancaran aliran sirkulasi darah dan membuat sistem kardiovaskular supaya tetap sehat yang membantu pria untuk tetap prima di atas ranjang. Selain itu vitamin C membuat darah menjadi lebih bersih sehingga organ intim pria dapat berereksi dengan maksimal.

Nah untuk para pria ada baiknya Anda untuk memperbanyak konsumsi vitamin C demi kesehatan organ reproduksi Anda.

 

Semua orang pasti sudah familiar dengan vitamin C. Vitamin C adalah salah satu vitamin paling penting yang membantu manusia menjaga kebugaran dan menguatkan kekebalan tubuh. Namun tak hanya itu, baru-baru ini penelitian juga mengungkap bahwa vitamin C juga dapat menurunkan risiko stroke.

Berdasarkan pertemuan tahunan pada American Academy of Neurology, peneliti mengungkap bahwa risiko hemorrhagic stroke (yang lebih mematikan, namun lebih arang terjadi dibandingkan stroke biasa) lebih rendah pada orang yang memenuhi kebutuhan vitamin C mereka.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C bisa jadi salah satu faktor pemicu beberapa jenis stroke, sama seperti tekanan darah tinggi, kebiasaan minum alkohol, dan kelebihan berat badan," ungkap ketua peneliti Dr Stephane Vannier, M.D. dari Pontchaillou University Hospital di Prancis, seperti dilansir olehHuffington Post (15/02).

Hasil ini ditemukan setelah peneliti mengamati tingkat vitamin C pada darah dari 65 partisipan yang mengalami hemorrhagic stroke, kemudian membandingkannya dengan kadar vitamin C dalam darah partisipan yang sehat. Mereka menemukan bahwa partisipan yang memiliki cukup vitamin C dalam darah mereka berkemungkinan lebih kecil untuk terkena stroke, dibandingkan dengan yang kekurangan vitamin C.

Sebelumnya, penelitian tahun 2008 di University of Cambridge juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat vitamin C tinggi pada darah berisiko terkena stroke 42 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kekurangan vitamin C. Meski begitu peneliti menjelaskan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi bagaimana cara vitamin C bisa menurunkan risiko stroke.

Berdasarkan National Institutes of Health, diketahui bahwa pria dewasa direkomendasikan mengonsumsi 90 miligram vitamin C sehari, sementara wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 miligram vitamin C sehari. Vitamin C bisa didapatkan melalui beberapa makanan alami seperti jeruk, brokoli, dan paprika.

 

Vitamin C adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem imun dan membantu penyerapan zat besi. Jika Anda kurang suka dengan buah jeruk yang merupakan sumber vitamin C yang baik, nikmati delapan makanan lain yang kaya akan vitamin C seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Pepaya
Baik dimakan langsung atau diolah menjadi hidangan lain, pepaya ternyata kaya akan vitamin C. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin A dan B9 atau folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Strawberry
Keluarga buah berry yang satu ini bukan cuma kaya akan antioksidan, tetapi juga vitamin C tinggi. Rasanya yang lezat bisa dijadikan pilihan camilan menyehatkan dan asupan vitamin C selain dari buah jeruk.

Kiwi
Kiwi punya cita rasa buah yang unik. Bentuk dan tekstur dagingnya juga eksotis. Selain itu, kiwi mengandung vitamin C tinggi yang mampu menguatkan sistem imun tubuh.

Cabai
Dibandingkan dengan buah jeruk, rupanya cabai rawit punya vitamin C yang lebih tinggi. Akan tetapi konsumsi berlebihan jelas tidak baik bagi lambung. Setidaknya mengonsumsi makanan pedas ternyata memberi asupan sedikit vitamin C untuk tubuh.

Jambu biji
Buah jambu biji bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus jika ingin mendapatkan nutrisi vitamin C di dalamnya. Beberapa orang suka jambu biji yang matang, sementara yang lain memilih yang agak mentah.

Paprika
Paprika bisa dibilang sebagai saudara sepupu cabai rawit. Sama seperti si kecil cabai, paprika juga kaya akan vitamin C. Paprika warna kuning pun memiliki vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Blewah
Suka blewah? Kabar baik buat Anda. Sebab blewah juga merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Blewah pun bisa dinikmati dalam berbagai bentuk olahan makanan.

Grapefruit
Sebenarnya, grapefruit masih bersaudara dengan buah jeruk. Maka dari itu, buah yang satu ini juga mengandung vitamin C tinggi. Grapefruit cocok dijadikan menu sarapan karena buah tersebut juga kaya akan serat.

Itulah beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda dapatkan selain dari buah jeruk. Selamat menikmati!

 

Sumber: www.merdeka.com