Cek manfaat Sawi Putih! Salah satunya bisa bikin kulit Cantik

16 June 2021

Mengurangi risiko penyakit jantung
Kandungan mineral seperti kalium dikenal mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ada pula kandungan lainnya pada sawi putih seperti vitamin C, folat, serta vitamin B2 yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Perlu pula diketahui apabila risiko penyakit jantung bisa meningkat ketika Anda kurang asupan kalium.

Menjaga tubuh dari inflamasi
Hampir sama dengan buah yang berwarna cerah dan sayuran hijau, sawi putih juga mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan ini pada sawi putih mempunyai manfaat atau khasiat untuk membantu tubuh melawan inflamasi (peradangan) sekaligus kerusakan sel. Apalagi, kalau Anda memilih sawi putih dengan warna daun yang agak gelap karena merupakan sumber flavonoid yang baik untuk tubuh. Ada pula senyawa kolin pada sawi putih yang mempunyai khasiat untuk mempertahankan sel, membantu menyerap lemak, serta mengurangi peradangan kronis.

Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
Selama ini mungkin sebagian dari Anda hanya mengetahui bahwa jenis mineral seperti kalsium saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pada sawi putih, ada pula kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin K untuk memelihara struktur serta kekuatan tulang. Tidak hanya itu saja, vitamin K juga mempunyai manfaat atau khasiat untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang. Maka dari itu, vitamin K juga mempunyai khasiat untuk membantu mengurangi risiko patah tulang.

Membantu menurunkan tekanan darah
Ada beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam sawi putih atau bok choy. Jenis mineral tersebut adalah kalium, kalsium, serta magnesium. Kandungan mineral ini menjadikan sawi putih mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Selain itu, Anda yang mengalami hipertensi juga perlu meningkatkan asupan kalium apabila asupan natrium tergolong tinggi. Kalium juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Membantu menurunkan berat badan
Sayur seperti sawi putih mengandung beragam nutrisi tetapi juga rendah kalori. Di dalamnya juga mengandung kadar air yang cukup tinggi juga serat sehingga bermanfaat untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Keunggulan inilah yang membuat sawi putih memiliki manfaat bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda
Sawi putih mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi mencegah proses penuaan dini pada kulit dengan mengangkat noda serta kerutan kulit, sehingga akan membuat Anda terlihat awet muda. Kandungan dalam sawi putih juga dipercaya bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV atau polusi. Sayuran ini juga memiliki senyawa asam folat yang berperan sebagai penghambat proses penuaan pada kulit.