Temukan Manfaat Tomat yang Tak Terduga!

15 September 2021

Sebagian orang hanya mengetahui manfaat tomat untuk kesehatan mata. Padahal, buah yang sering disangka sayur ini memiliki beragam manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan memperlancar pencernaan.

Ada beragam jenis tomat yang dibudidayakan di Indonesia. Setiap jenis tomat tersebut umumnya memiliki ukuran, warna, dan rasa yang berbeda-beda. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, atau sebagai campuran bahan masakan.

Yuk temukan manfaat tomat lain yang tak terduga!

Baik untuk Kesehatan Jantung
Jantung memiliki banyak fungsi, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga agar tidak menggangu organ tubuh lainnya. Tomat memiliki kandungan likopen dan betakaroten yang bisa mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan likopen berfungsi untuk menurunkan kolestrol yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit di organ vital ini.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker
Untuk sembuh total dari kanker, perlu serangkaian pengobatan yang cukup rumit dan panjang. Maka dari itu, kita harus selalu menjaga diri agar terhindar dari penyakit ini, seperti dalam pola makan. Mengkonsumsi makanan sehat seperti tomat bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam tomat bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu, beta karoten di dalam buah bermanfaat untuk mencegah tumor pada pasien kanker. Sementara likopen bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

Mencegah Diabetes
Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mencegah penyakit tersebut, kadar gula dalam darah harus terkontrol tidak terlalu tinggi. Tomat ternyata bisa menjaga kadar gula dalam darah secara alami. Bahkan, bagi penderita diabetes tipe 1, konsumsi tomat bisa menurunkan kadar gula. Untuk pasien diabetes tipe 2, tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak.

Memperlancar Pencernaan
Serat di dalam tomat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, Anda bisa terhindar dari sembelit. Ketika sedang diare, juga diperbolehkan mengonsumsi tomat, karena memiliki kandungan yang bisa mencegah diare. Secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi buah ini akan terhindar dari dua masalah pencernaan sekaligus.

Baik untuk Kesehatan Mata
Manfaat tomat lainnya yaitu untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan beta karoten. Kandungan likopen dan lutein di dalam tomat juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Mengurangi Risiko Stroke
Stroke ternyata bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi tomat. Hal ini terkiat kandungan likopen di dalam tomat. Likopen inilah yang mengurangi peradangan, pembekuan darah, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Membuat Kulit Lebih Lembab
Kulit yang lembab akan membuat Anda lebih fresh dan terhindar dari berbagai masalah seperti iritasi atau pengelupasan pada kulit. Tomat bisa digunakan untuk masker wajah yang dipercaya melembabkan kulit secara alami. Kandungan kalium di dalam tomat beperan besar dalam menjaga kelembaban ini.