Serba Serbi Udang

Udang merupakan makanan laut yang mengandung protein tinggi. Bagian daging udang lembut dan berwarna putih sementara kulitnya agak keras. Selain itu udang dikenal sebagai makanan laut bergizi tinggi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi dalam batas wajar, udang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, udang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya kenaikan kadar kolesterol di dalam darah. 

Yuk kita simak beberapa manfaat udang…

Menjaga Kesehatan Jantung
Jenis antioksidan utama dalam udang adalah karotenoid yang disebut astaxanthin. Kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak dan jantung. Ketika mengonsumsi astaxanthin, maka Anda dapat terlindungi dari peradangan dan efek samping radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Mampu Tingkatkan Fungsi Otak
Olahan laut satu ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu mengikat oksigen dalam hemoglobin. Secara langsung, fungsi ini dapat membantu mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju seluruh jaringan tubuh termasuk otak. Fungsi otak dapat meningkatkan bila kebutuhan oksigen terpenuhi dengan baik, termasuk dalam mengoptimalkan kemampuan pemahaman dan konsentrasi seseorang.

Menghindari Osteoporosis
Udang memiliki berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan bagi tubuh, dari kandungan fosfor, kalsium hingga kalium. Kandungan kalsium dan fosfor sendiri berfungsi untuk menghindari penurunan atas kualitas, massa serta kekuatan tulang. Kehilangan kualitas tulang sendiri menjadi gejala awal dari osteoporosis.

Menghindari Anemia
Hewan laut ini memiliki kandungan yang penting dalam mencegah anemia pada tubuh. Kandungan zat besi serta vitamin B12 yang terkandung dalam udang mampu membantu pembentukan sel darah merah. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh dan didorong dengan vitamin yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, maka Anda tidak perlu khawatir akan terkena anemia.

Membantu Pembentukan Sel Tubuh
Protein yang terkandung dalam udang adalah protein yang rendah lemak. Dalam 16 ekor udang mengandung kurang lebih 19 gram protein dan hanya mengandung 1,4 gram lemak total. Protein yang terdapat dalam udang mampu memperbaiki sel tubuh, serta memproduksi enzim dan hormon. Tubuh tidak mampu menyediakan protein dengan sendirinya, sehingga Anda perlu mendapatkannya melalui makanan. Untuk tercukupinya persediaan protein, maka Anda perlu memenuhi kebutuhan protein setiap harinya melalui makanan.

Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan yang terdapat dalam udang dapat membantu mencegah tanda penuaan dini. Termasuk untuk Anda yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dan debu. Anda cukup mengonsumsi udang secara teratur dengan porsi yang cukup, serta berusaha menghindari  paparan radikal bebas secara langsung agar terhindar dari penuaan dini.

 Membantu Menurunkan Berat Badan
Udang merupakan salah satu makanan yang rendah lemak, sehingga sangat cocok bila dijadikan salah satu menu dalam program diet Anda. Selama dikonsumsi dalam porsi secukupnya, maka dapat menjaga Anda dari berat badan berlebih.

Mencegah Kanker
Hewan laut ini memang kaya akan antioksidan serta omega-3 yang dipercaya mampu menghambat sel kanker. Kandungan selenium yang dikandungnya juga mampu mencegah kanker prostat.

Mengatasi Masalah Kulit
Jika Anda sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas, maka perlahan akan muncul noda hitam, kerutan hingga kulit terbakar. Udang memiliki kandungan karotenoid yang tinggi dan mampu mengurangi masalah kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan udang dalam menu harian Anda, namun pastikan bahwa Anda mengonsumsinya secara tidak berlebihan.