Makan Sehat = Nutrisi Seimbang? Cari Tahu Yuk!

Peningkatan produksi makanan olahan, urbanisasi yang cepat dan perubahan gaya hidup telah menyebabkan pergeseran pada pola makan manusia. Kebanyakan orang sekarang mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi energi, lemak, gula bebas dan garam/natrium, dan tidak mendapatkan cukup asupan buah, sayuran dan serat makanan lainnya seperti biji-bijian.

Pola makan sehat adalah perilaku mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan gizi harian. Asupan gizi dan kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang cenderung bervariasi, tergantung usia, jenis kelamin, gaya hidup, kegiatan fisik, tempat tinggal, suhu udara, dan sebagainya. Akan tetapi, pada dasarnya jumlah asupan kalori seseorang harus disesuaikan dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Selain menjaga asupan kalori, tubuh juga membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga asupan gizi seimbang.

Salah satu panduan tentang makan baik menulis bahwa untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, Anda harus mencoba untuk:

  • makan setidaknya 5 porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari.
  • makanan pokok berupa makanan bertepung serat tinggi seperti kentang, roti, nasi atau pasta.
  • mengonsumsi beberapa alternatif produk susu.
  • makan kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan protein lainnya.
  • mengonsumsi minyak tak jenuh dalam jumlah kecil
  • minum banyak cairan (setidaknya 6 hingga 8 gelas sehari).

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi makanan sehat setiap harinya dapat membantu mencegah kekurangan gizi dalam segala bentuk serta berbagai penyakit tidak menular (PTM) dan kondisi lain yang berkaitan dengannya.