Kenali Wortel, Sayuran Dengan Gizi Sempurna

22 September 2021

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia. Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan berwarna oranye ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

Yuk kita kenali wortel si sayuran dengan gizi sempurna…

Meningkatkan metabolisme
Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

Menyembuhkan luka
Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.

Menjaga kesehatan jantung
Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

Melawan efek buruk radikal bebas
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

Menurunkan Kolesterol
Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Mengurangi risiko kanker payudara
Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak beta-karoten setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya antioksidan itu --seperti wortel-- dua kali setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker sebesar 17 persen.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat wortel untuk kesehatan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar ternyata bermanfaat ampuh bagi kesehatan. Menurut sejumlah peneliti, sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.

Menjaga kesehatan otak
Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

Antiradang
Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

Menjaga kesehatan mulut
Selain untuk mata, manfaat wortel juga berguna untuk kesehatan mulut. Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.