Manfaat Bawang Merah

16 March 2022

Memelihara kesehatan jantung
Nutrisi dalam bawang merah diketahui bisa mencegah penggumpalan darah dan mengurangi lemak atau kolesterol jahat. Selain itu, bawang merah memiliki kandungan allicin yang merupakan senyawa sulfur organik dengan kemampuan melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, bawang merah memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah risiko diabetes
Manfaat bawang merah lainnya, yakni untuk menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan insulin di dalam tubuh. Alhasil, bawang merah menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

Mencegah efek buruk dari radikal bebas
Bawang merah memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, antioksidan pada bawang merah berpotensi menghambat penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

Memelihara fungsi ginjal
Bawang merah diketahui memiliki kemampuan menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh. Dengan begitu fungsi ginjal bisa tetap terjaga. Namun, penelitian mengenai hal tersebut masih butuh pengembangan karena sejauh ini penelitian baru dilakukan dalam skala laboratorium.

Menyembuhkan alergi
Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai obat alergi seperti mata berair, hingga gatal pada kulit dan hidung. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin yang memiliki kemampuan seperti antihistamin yang bisa mengurangi gejala alergi.

Memperbaiki pencernaan
Bawang merah juga memiliki manfaat untuk memperbaiki proses pencernaan. Manfaat bawang merah untuk pencernaan dinilai efektif karena memiliki kandungan serat baik untuk pencernaan. Kandungan serat ini tersebut turut memperlancar proses buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan lebih terjaga.