Info Sehat: Cake Buah / Sayur yang Menyehatkan

Cake Buah / Sayur yang Menyehatkan

Berdasarkan Food Combining, cake sehat harus memiliki aturan sebagai berikut;

  • Bahan hewani tidak disatukan dengan karbohidrat seperti tepung, khususnya dalam jumlah sama banyak.
  • Membatasi food additives sintesis (pewarna, pemanis, pengembang buatan).
  • Membatasi lemak, dan dianjurkan untuk menghindari lemak trans seperti margarin dan diganti dengan butter.
  • Membatasi gula.
  • Meskipun sudah dibuat lebih sehat, cake tetap harus dikonsumsi sesekali dan dalam jumlah terbatas.

 

Kue (cake) identik dengan bahan yang menimbun kalori lebih banyak karena rasa manis dalam kue, sehingga perlahan mulai membuat sedikit khawatir untuk mengonsumsi kue.

Demi mengembalikan kembali rasa nafsu makan pada kue, kini kue mulai dikembangkan dengan paduan buah-buahan untuk menambah rasa pada kue. Buah yang biasanya dijadikan sebagai campuran dalam membuat kue adalah strawberry, jeruk, anggur, pisang, kiwi. Sedangkan sayuran yang biasa dicampurkan dalam membuat kue adalah bayam, tomat, wortel. Selain enak, cake yang dicampur dengan buah/sayur juga menyehatkan bagi tubuh dan dapat menurunkan kadar lemak serta dapat dijadikan pengganti gula sebagai pemanis.

 

Cake yang sehat juga dipengaruhi dalam proses pembuatannya, salah satu cara yang sehat adalah dengan dikukus. Cara pembuatan kue yang dikukus biasanya tanpa pengawet, bertahan singkat dan tidak mengandung minyak tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi kesehatan. Karena kue tersebut akan cepat rusak sehingga terhindar memakan kue yang sudah terkontaminasi.

 

Lazimnya kue ulang tahun adalah berupa “black forest”, “rainbow cake” ataupun “cheese cake”. Namun sebenarnya kue-kue ulang tahun semacam itu mempunyai kalori yang sangat tinggi, karena sudah pasti rasanya manis sekali, mempunyai kandungan lemak yang tinggi dan kadang diberikan pewarna non alami.

Kami mengambil beberapa contoh resep-resep kue ulang tahun yang sehat dan menarik. Pastinya kandungan gizinya sangat tinggi karena bahan utamanya terbuat dari buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral dan sudah rendah lemak serta kalori.

 

FRUIT BIRTHDAY CAKE

Ternyata kue ulang tahun ini, semua bahan-bahannya adalah buah.  Kue ini terlihat sangat cantik.  Keuntungan lainnya sudah pasti sangat sehat.  Melihat cara pembuatannya ternyata cukup mudah dan praktis. Bahan dasar utamanya adalah semangka segar. Semangka segar yang utuh dipotong seperti lazimnya bentuk dasar kue ulang tahun. Kemudian diberikan potongan nenas yang disusun mengitari semangka.  Begitu juga buah-buahan lainnya seperti stroberry, papaya mengkal, blueberry, anggur dan potongan melon.  Ternyata sangat simple pembuatannya dan yang pasti nikmat dan sehat.

 

CARROT BIRHTDAY CAKE

Kue ulang tahun dengan wortel? sebenarnya kue ini sudah tidak asing lagi. Biasa orang menyebutnya dengan nama Carrot Cake. Kue pound cake yang kaya rasa dengan campuran irisan wortel dan krim keju. Membayangkannya saja sudah merasa lapar dan ingin sekali membuat carrot cake sendiri di rumah.

Resep Carrot Cake bisa SIS dapatkan di artikel ini… Selamat menikmati!

 

*Untuk melihat resep lengkap silakan klik judul resep

1. KELEPON KAGET

 

2. MINI BANANABREAD

 

3. BOLU SINGKONG

 

4. CAKE BAYAM

 

5. CARROT CAKE