yuk masak di rumah selama pandemi

Yuk Buat Perencanaan Makanan untuk Keluarga Selama Pandemi Corona Virus

26 June 2020

Selama pandemi, Anda mungkin mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menjaga Anda dan keluarga Anda aman dan siap, termasuk memastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan di rumah. Panduan ini berisi informasi tentang perencanaan makanan, termasuk apa yang harus dibeli, berapa banyak untuk dibeli, dan tips untu persiapannya.
 
 
Periksa apa yang Anda miliki di rumah terlebih dahulu
Lihatlah makanan yang sudah Anda miliki di lemari es, freezer, dan dapur Anda; pastikan untuk melihat tanggal kedaluwarsa dan urutkan berdasarkan tanggal kadaluwarsanya. Ini dapat membantu Anda merencanakan makanan apa yang sudah Anda miliki, dan akan membantu Anda membatasi jumlah perjalanan ke toko bahan makanan dan menghindari pengeluaran uang untuk barang-barang yang tidak Anda butuhkan.
 
Buat daftar belanja
Berbelanja mungkin terasa lebih menegangkan saat ini. Buat daftar belanja terlebih dahulu agar tetap fokus, dapatkan barang yang Anda butuhkan, ini bisa membuat waktu belanja Anda lebih singkat. Karena toko mungkin tidak memiliki beberapa barang tertentu, buat daftar dengan barang-barang umum Contohnya: "buah" atau "roti" . Tanpa perlu membuat lebih spesifik barang yang akan kita beli.
 
Cari tahu opsi belanja Anda
Ada beberapa toko yang menawarkan penjemputan di area toko, penjemputan di tepi jalan, atau pengiriman ke rumah. Pilihan pihak ketiga juga tersedia untuk pengiriman toko bahan makanan. Anda dapat menemukan layanan ini membantu selama masa-masa ‘Social Disctancing’. 
 
Berapa yang harus saya beli?
Beli apa yang Anda dan keluarga Anda butuhkan saat ini, dan tahan keinginan untuk membeli dalam jumlah yang jauh lebih besar. Persiapkan daftar belanja yang akan melindungi Anda dan semua orang di rumah Anda selama 2 minggu.
 
Termasuk barang segar, beku, dan tidak mudah rusak
Rencanakan campuran makanan segar, beku dan stabil di rak. Makanlah makanan segar Anda terlebih dahulu. Persediaan freezer dan dapur Anda, bisa diisi dengan barang-barang yang bisa Anda dan keluarga makan di minggu kedua dan seterusnya.
 
Makanan apa yang harus saya beli?
Pilih campuran makanan yang memiliki waktu kadaluwarsa yang panjang (shelf stable food), frozen food dan bahan makanan segar. Contoh shelf stable food yang ada di pasaran termasuk pasta, beras, kacang polong, selai kacang, dan barang kering dan kalengan. Pilihan frozen food yang bisa jadi pertimbangan Anda mungkin roti, daging, sayuran, buah-buahan (fruit snack), dan bahkan susu. Untuk makanan segar, beli jenis yang beragam dalam jumlah normal seperti Anda biasa beli. Ingatlah untuk memasukkan kebutuhan khusus semua anggota keluarga, termasuk hewan peliharaan, bayi, atau mereka yang memiliki batasan makanan.
 
Apa yang harus saya buat?
Sementara semua orang di rumah bersama, Anda mungkin merasa ingin mencoba resep baru atau bereksperimen dengan rasa baru untuk membuat hal-hal menarik. Untuk hal lainnya, tetap pertahankan membuat makanan dengan menggunakan bahan makanan sederhana atau membuat makanan yang sudah biasa dimasak dan rasanya sudah akrab dilidah seperti fruit snack. Rencanakan makanan apa yang biasanya berhasil untuk Anda dan keluarga Anda. Yuk masak di rumah!