Tips dan Trik: Bawang Putih

Bawang Putih

23 January 2014

Dalam kegiatan sehari-hari biasanya bawang putih hanya digunakan untuk bumbu dapur atau penyedap makanan.

Namun tahukah SIS? ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Menurunkan kolesterol hinggan 14% jika dikonsumsi secara rutin selama 4 minggu berturut-turut
  2. Mencegah terjadinya flu.
  3. Kandungan antimikoroba dapat mengusir virus jahat, bakteri dan jamur.
  4. Mengobati asma, radang, bronchitis, sakit gigi, serangan serangga dan infeksi pada telinga

 

Bawang putih memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Agar manfaat tersebut maksimal, tips berikut dapat membantu SIS untuk mengolah bawang putih dengan tepat:

  1. Gunakan bawang putih segar. Allicin, senyawa dalam bawang putih yang punya manfaat kesehatan tersebut, tersimpan dalam bawang putih yang segar. Jadi, sebaiknya jangan membeli bawang putih giling yang sudah lama disimpan atau bawang putih yang sudah diawetkan.
  2. Simpan potongan bawang putih didalam air. Allicin akan tahan selama 6 hari apabila potongan bawang putih disimpan didalam air. Sedangkan jika disimpan dalam minyak sayur, senyawa ini akan hilang dalam waktu tiga jam saja.
  3. Diamkan beberapa menit. Bawang putih harus bereaksi dengan oksigen untuk mengaktifkan senyawa allicin di dalamnya. Untuk mengaktifkan enzimnya, bawang putih yang sudah dicincang harus didiamkan selama 10-15 menit sebelum dimasak.
  4. Sebaiknya dihaluskan. Cara paling baik untuk mendapatkan semua manfaat bawang putih ini ternyata dengan cara dihaluskan. Semakin rusak dinding sel bawang, maka enzim  akan semakin mudah keluar dan bereaksi dengan oksigen.

 

RESEP:

Uuntuk melihat Resep Kakap Bawang Putih Kukus silakan KLIK DI SINI

Follow & Share :

INFO LAINNYA