Tips belajar sambil bermain untuk anak

Tips belajar sambil bermain untuk anak

27 July 2015

Tidaklah mudah untuk mengajak anak anda belajar. Karena anak-anak yang masih seusia TK hingga SD masih getol – getolnya bermain. Namun sebagai orang tua, tentu sangat ingin anak anda tumbuh menjadi anak yang pandai bukan ?

Pandai dalam hal ini, tentu saja tidak hanya pandai dalam hal studi. Namun juga pandai bergaul, pandai berbicara, pandai membawakan sesuatu yang sesuai dengan bakat dan talentanya. Semua sangat penting bagi masa depan anak anda. Namun bila anak anda sedang getol-getolnya bermain, mengapa tidak mencoba melakukan aktivitas bermain sambil belajar ?

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan bagi buah hati anda , dalam bermain sambil belajar. Misalnya, ajak anak anda untuk pergi ke kebun binatang. Disana anda bisa memperkenalkan kepada anak anda tentang nama-nama binatang, ciri-ciri atau karakter-karakternya, jenis makanannya, dan lain-lain. Atau anda bisa mengajak sang buah hati bermain ular tangga . Saat bermain ular tangga, anda bisa mengajarkan kepada anak anada tentang penjumlahan (menghitung Titik-titik atau mata dadu, belajar tentang bentuk-bentuk angka, dari angka yang tertera pada papan permainan dan lain-lain. 

 

  • Saat pulang sekolah tanyakan “hai sayang, apa yang menyenangkan hari inidisekolah?”Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan ini secara tidak langsung akan memberitahu sang anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.
  • Saat anak tidur (Hypnosleep), katakan “makin hari, belajar makin menyenangkan”, “sama halnya dengan bermain, belajar juga sangat menyenangkan”, “mudah sekali bagimu untuk belajar (berhitung, menghafal dll)”.
  • Jelaskan manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari (sesuai dengan minat anak tersebut) misal: dengan mempelajari perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti nanti kamu bisa menghitung berapa harga barang yang akan kamu beli.
  • Mintalah guru les pelajarannya (jika ada), sering-sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang hebat dan luar biasa. Pujian yang tulus dan memompa semangatnya jauh lebih penting dari pada mengajarkan tehnik-tehnik berhitung dan menghafal  yang cepat. Mintalah bantuan orang-orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan harga diri anak kita.
  • Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku dia (dengan posisi yang nyaman, serta memudahkan kita orangtua untuk memberikan ciuman kasih sayang atau pelukan sayang) tujuannya agar anak mengkaitkan membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua dan buku adalah hal yang sangat menyenangkan.
  • Gunakan surat rahasia dari orangtua kepada anak, kita bisa berkata “nak, Ibu telah meletakan surat rahasia buat kamu. Cuma kamu dan ibu yang tahu isinya. Ibu letakan dibawah bantal tidurmu, bacalah setelah makan ya”. Isinya bisa berupa kata-kata yang menyemangati anak dalam kegiatan belajar dan sekolahnya. (sumber:pendidikankarakter.com)
Follow & Share :

INFO LAINNYA