Tips Mengenali Makanan Organik

Perlu diketahui, harga makanan organik lebih mahal dibanding dengan makanan yang konvensional. Ini wajar, karena makanan organik membutuhkan lebih banyak perawatan khusus dan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu berminat untuk mengonsumsi makanan organik, maka simak cara mengetahui mana makanan organik berikut ini:

 

  • Periksa labelnya, lihat daftar komposisi yang tercantum pada kemasan makanan olahan seperti kecap, bumbu, minyak atau yang lain. Makanan organik seharusnya paling tidak mengandung 90 % bahan alami. Selain itu, juga harus bebas dari bahan tambahan kimia, bebas dari senyawa kimia, iradiasi. Untuk pemakaian pestisida, masih diizinkan selama itu tidak berupa pestisida sintetik.
  •  

     

  • Cek sertifikasi, biasanya, khusus untuk makanan organik, terdapat sertifikasi dari pemerintah atau lembaga berwenang dari luar negeri yang menyatakan bahwa makanan itu benar-benar organik. Untuk Indonesia, sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Bio Cert yang diatur oleh Kementrian Pertanian Indonesia.
  •  

     

  • Lihat ciri luarnya, bahan pangan organik yang dalam kondisi segar (berupa sayur atau buah-buahan) biasanya memiliki penampilan yang tidak mulus dan bersih. Kadang masih ditemukan lubang-lubang kecil bekas gigitan ulat. Meski kurang begitu sempurna, buah atau sayur organik biasanya memiliki warna yang lebih cerah dan tajam disbanding yang non-organik. Buah organik juga tidak berwarna mengilat, karena tidak menggunakan wax atau dilapisi lilin agar awet selama penyimpanan. (sumber : www.werno-werno.com)
  •  

    Makanan organik juga tersedia di Super Indo supermarket murah, segarnya hemat.

    Follow & Share :

    INFO LAINNYA