Tips Mengatur Pola Makan Sehat Wanita Aktif

1 May 2017

Ada beberapa tips agar tubuh tetap sehat bagi wanita aktif :

  • Mengkonsumsi sayur. Makan sayur kaya serat dan buah dengan mengandung kolestrol rendah dapat mengurang resiko kanker.Makan sayur segar seperti sayuran berdaun hijau, labu kuning, wortel, brokoli, tomat, bawang putih, dan bawang bakung sangat baik untuk kesehatan.
  • Kurangi lemak. Rekomendasi pengaturan diet adalah untuk menurunkan asupan jumlah lemak hingga 30% dari kalori. Sumber lemak adalah keju atau margarin, minyak goreng, daging, dan semua produk susu. Jika ingin memakai minyak pakailah minyak zaitun. Jangan sama ananda menghindari lemak, karena zat ini juga dibutuhkan tubuh.

Pukul 06.00 pagi

  • Biasakan memulai dengan secangkir susu hangat. Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu terbukti dapat menangkal beragam penyakit, termasuk osteoporosis.
  • Multivitamin atau suplemen memiliki manfaat yang cukup tinggi. Teratur mengkonsumsinya setiap hari membuat tubuh tahan terhadap penyakit kanker dan jantung.
  • Sarapan dengan sereal bagus, karena kandungan seratnya yang tinggi, meski mengkonsumsinya dalam porsi kecil sekalipun.
  • Jika anda menderita penyakit lambung, sebelum beraktivitas sebaiknya minum obat maag yang bekerja untuk menetralisir kelebihan asam lambung sekaligus mengurangi produksi asam lambung.
  • Banyak minum air putih, karena kekurangan mineral dapat menyebabkan tubuh mudah letih, kurang konsentrasi dan sakit kepala.

Pukul 08.00 pagi

Jangan anda lupa untuk menyediakan makanan ringan yang sehat seperti biskuit. Karena biskuit sangat efektif untuk menghindari perih lambung.

Pukul 12.00 siang

Jika anda sedang dikejar deadline biasanya anda lupa atau mengulur waktu untuk makan siang. Padahal makan siang itu berguna untuk memperbaiki stamina dan menambah energi untuk melanjutkan aktivitas. Untuk menu makan siang sebaiknya anda memilih menu yang sarat gizi seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak. Hindari makanan yang terlalu asam dan pedas.

Pukul 05.00 sore

Roti gandum pilihan yang baik untuk mengisi perut. Selain dapat menahan lapar, roti gandum juga memberi energi tambahan saat anda melanjutkan perjalanan pulang. Saat makan malam pilihlah makanan yang tidak terlalu berat karena selain mengganngu program diet anda juga dapat meningkatkan kadar kolestrol. (sumber: www.infosista.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA