Macam-Macam Roti

Macam-Macam Roti

24 January 2014

Jika mendengar kata Roti, yang terbersit dalam pikiran kita adalah roti tawar, roti manis, ternyata kita salah besar. Di dunia banyak sekali macam roti, berikut beberapa jenis diantaranya: 

 

1.    Bagel

Adalah roti khas dari Eropa Timur (Polandia), bentuknya bulat seperti donat, tapi bagian dalam lebih padat. Bagel di sajikan pada saat makan pagi, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Pada adonan bagel biasanya ditambahkan kismis, blueberry, bawang, biji-bijan atau bumbu daun.

 

2.    Bialy

 

Roti juga berasal dari Eropa Timur (khususnya Polandia)  berbeda dengan bagel, bentuknya bulat namun memiliki lubang / kawah di bagian atasnya biasanya diisi dengan irisan bawang bombay.

 

3.    Bolillo / Pan blanco

Adalah roti yang berasal dari daerah Meksiko memiliki kulit yang keras dan biasanya dibelah untuk dipergunakan sebagai dasar dari sandwich.

 

4.    Breadsticks / Grissini / Italian breadsticks

Roti renyah ini banyak di sajikan di restoran Italia sebagai snack pembuka, sehingga tamu yang datang menunggu makanan tidak bosan tapi juga tidak kekenyangan. Roti ini selain di sajikan polos, juga diberi aneka rasa seperti wijen, bawang, atau rempah dedaunan.

 

5.    Brioche

Adalah roti dengan tekstur empuk dan rasa yang kaya serta sedikit manis. Dibuat dari telur, mentega, ragi, tepung, dan terkadang ditambahkan juga buah kering atau kacang-kacangan.

 

6.    Challah

Adalah roti ragi yang juga berasal dari daratan Eropa Timur . Dibuat dengan menggunakan telur dan mentega, memiliki tekstur yang sangat empuk dan memiliki bentuknya dikepang.

 

7.    Ciabatta

Adalah roti bertekstur kasar berasal dari Itali dengan ciri kulit yang tebal dan bagian dalamnya padat.

 

8.    Corn rye bread

Adalah roti yang berasal dari daratan Eropa. Roti ini sering dipergunakan sebagai makanan pokok dilapisi tepung jagung dan lebih sering di sajikan bersama daging kornet.

 

9.    Croissant

Adalah roti yang berasal dari Prancis, dibuat dari adonan puff pastry, sehingga renyah dan juga sangat empuk. Roti ini biasanyanya di sajikan saat sarapan dengan kopi , teh atau sandwich.

 

10.   Crumpet

Adalah sejenis roti muffin namun teksturnya lebih lembab yang berasal dari Inggris, sering disajikan dengan diolesi krim padat atau mentega dan dimakan pada saat minum teh sore. Sebelum dihidangkan, roti ini biasa di panggang atau di bakar terlebih dahulu.

 

11.   English muffin

Biasanya roti ini dibelah terlebih dahulu, kemudian dipanggang, dan setelah itu, roti ini diolesi mentega dan selai sesuai selera. Seringkali disajikan pada saat sarapan sebagai alternatif roti bakar.

 

12.   Roti Prancis / Baguette

Roti ini adalah roti tradisional Prancis ini memiliki kulit yang keras, berwarna coklat dan bagian dalamnya banyak terdapat lubang-lubang. Baguette adalah roti standar Prancis, dengan panjang sekitar setengah meter biasanya disajikan dengan sup atau dipanggang lalu diberi aneka macam topping sesuai selera.

 

13.   Roti Italia

Bentuknya mirip sekali dengan roti Prancis, hanya bagian dalam dari roti ini jauh lebih padat

 

14.   Roti Limpa

Roti ini berasal dari Swedia, memiliki rasa yang enak dan wangi ini biasanya diberi rasa dengan gula cair, biji bunga lawang dan kulit jeruk.

 

15.   Roti manis Portugis /  Pau Duce /  Roti Hawaii

Roti ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang empuk sangat enak untuk disajikan sebagai roti bakar/ French toast.

 

16.   Roti Pugliese

Roti sederhana ini memiliki tekstur kulit yang keras biasa ditemukan di kota Puglia, Italia, dan merupakan roti yang sempurna sebagai bahan sandwich atau untuk dimakan dengan minyak zaitun.

 

17.   Roti pumpernickel

Roti  dengan tekstur padat dan rasa sedikit masam ini dibuat dengan gula cair dan campuran antara tepung rye dan gandum. Sering kali dipotong tipis dan disajikan sebagai makanan pembuka.

 

18.   Roti rye

Merupakan roti favorit penduduk Eropa Utara,biasanya digunakan dengan baik sebagai bahan sandwich. Roti ini dibuat dengan campuran tepung rye dan tepung gandum. Roti ini dapat ditemui dalam berbagai variasi, mulai dengan yang berwarna kecokelatan sampai ke hampir hitam.

 

19.   Roti Sourdough

Dari namanya, dapat ditebak bahwa rasanya akan sedikit masam. Roti khas San Fransisco di Amerika ini dibuat dengan ragi khusus yang akan memberikan rasa asam yang nikmat. Roti ini sangat pas dinikmati dengan hidangan laut.

 

20.   Roti Starter / Pain Au Levain

Adalah roti yang dibuat dengan ragi "starter", campuran tepung, air dan ragi yang sengaja didiamkan di udara terbuka, sehingga selalu ditemui dengan rasa masam yang menyenangkan.

 

 

Follow & Share :

INFO LAINNYA