Trik Masak Mudah agar Makanan Lebih Enak dan Sehat

24 October 2017

Tidak bisa dipungkiri, rasa memang memiliki peran penting saat menyantap makanan. Bagaimana caranya makanan tetap sehat tetapi juga memuaskan lidah? Beberapa trik sederhana dari cheatsheet berbagai sumber ini bisa Anda praktekkan saat memasak :

  • Bumbui mentega

Membumbui mentega dapat menambahkan rasa yang tidak didapat dari mentega biasa. Bawang putih dan lemon bisa menjadi tambahan saat sedang memasak daging. Agar makanan lebih sehat, gunakan mentega secukupnya.

  • Memanggang Sayuran

Banyak orang tidak menyukai rasa sayuran, contohnya bit. Memanggang bit dapat mengimbangi rasa dan aroma langunya. Potong daun dan batangnya lalu panggang bit pada suhu 200 C selama 30 menit. Kemudian, kupas dan sajikan sebagai campuran salad.

  • Ganti krim asam, mayonnaise atau mentega dengan Greek yogurt

Labneh dapat menggantikan bahan-bahan makananan berkalsium tinggi seperti mayonaise dan mentega. Tidak hanya itu, greek yogurt juga dapat menggantikan mentega untuk memanggang makanan. Grek yogurt dapat menambahkan rasa dan kelembutan pada makanan.

  • Gunakan garam sebagai pengganti gula

Agar kafein yang dikonsummi setiap pagi lebih sehat, penggunaan gula dapat digantikan dengan garam laut. Garam dapat mengintensifkan rasa teh atau kopi. Kopi akan terasa lebih halus, karena garam dapat menetralisir kepahitan, tanpa kalori ekstra seperti gula.

  • Tambahkan bumbu pada garam

Menggunakan garam dengan campuran bumbu pada makanan dapat menambah kompleksitas rasa. Garam dengan campuran bumbu atau rempah dapat dibuat dengan menambahkan ketumbar atau rosemarry ke garam.

  • Batasi penggunaan garam

Jika ingin membeli makanan, perhatikan kandungan yang ada pada label. Makanan rendah lemak mungkin akan mengandung lebih banyak garam. Untuk mengurangi penggunaan garam, rempah-rempah dapat digunakan sebagai gantinya. Garam tidak selalu dalam versi kering atau bubuk, karena rempah-rempah terbukti lebih sehat.

  • Tambahkan cuka

Cuka dapat membuat rasa makanan lebih enak dalam waktu kurang dari satu menit. Bukan hanya cuka putih, cuka anggur merah juga dapat digunakan untuk memperkaya rasa daging dan cuka balsamic bisa menyeimbangkan rasa sup yang terlalu asin.

  • Buatlah saus salad sendiri

Orang yang menjalani diet akan mengonsumsi salad setidaknya sekali dalam sehari. Salad yang enak bisanya ditambahkan dengan topping yang kaya lemak.Untuk menghindari hal tersebut, salad bisa ditambahkan dengan saus buatan sendiri. Saus salad bisa dibuat dengan minyak zaitun, minyak alpukat, atau minyak canola. Tambahkan asam berupa jus lemon, air jeruk nipis, atau cuka.

  • Bagikan makanan di Instagram

Menurut Cooking Light, peneliti menemukan jika mengunggah foto makanan di media sosial seperti Instagram, dapat meningkatkan pengalaman makan pada makanan itu. Mengambil foto pada makanan yang akan dimakan membuatnya lebih terasa enak.

  • Tambahkan lemak terakhir

Semua bahan makanan mengandung lemak alami. Jika harus memakai minyak atau mentega untuk menumis, gunakan sedikit saja. Setelah bahan makanan matang baru tambahkan lemak (minyak atau mentega) terakhir. Masak hingga semuanya tercampur rata untuk mendapatkan rasa gurih alami yang maksimal. (sumber:  www.food.detik.com)

 

Yuk cari kebutuhan memasak di Super Indo Supermarket. Beragam kebutuhan fresh tersedia untuk mempermudah memasak di rumah. Cek info promo terkini DI SINI

Follow & Share :

INFO LAINNYA