Tips Olahraga dengan Hemat

27 September 2016

Demi membakar kalori secara maksimal, sebagian orang rela berboros-boros waktu dan biaya untuk berolahraga di luar rumah. Mereka biasanya pergi ke pusat-pusat kebugaran, berenang, berlari saat pagi atau sore hari, dan sejenisnya.  Jika Anda salah seorang yang merasa kerepotan atas olahraga semacam itu, sejatinya terdapat olahraga yang bisa dilakukan dengan waktu relatif singkat dan murah pula.  

  • Peregangan

Peregangan atau sretching adalah gerakan dasar olahraga, biasanya dilakukan sebelum memulai olahraga berat agar otor-otot siap digerakkan sesuai kebutuhan. Namun, peregangan sebenarnya cukup bermanfaat dilaksanakan sebagai olahraga tersendiri. Peregangan cukup berguna untuk fleksibilitas berbagai sendi gerak. Ketika Anda sedang malas berolahraga berat, melakukan peragangan ringan dan dinamis sudah cukup membuat tubuh Anda sehat dan bugar.

  • Yoga

Yoga merupakan peregangan pada tingkat yang lebih tinggi daripada peregangan yang biasa dilakukan menjelang seseorang berolahraga berat. Sejumlah gerakan ringan dalam yoga memungkinkan Anda melatih tubuh dan pikiran agar sama-sama relaks dan seimbang.Sisakan waktu beberapa menit untuk meregangkan sejumlah otot dan menenangkan pikiran dengan gerakan-gerakan dalam yoga. Lalu rasakanlah manfaatnya.

  • Manfaatkan Jeda Iklan TV

Anda tetap dapat berolahraga walaupun sambil menonton acara TV. Manfaatkan saat-saat jeda iklan untuk push up, sit up, squat jump, dan sejenisnya. Lakukan secara berulang srtiap kali iklan menyela acara yang sedang Anda tonton.

  • Manfaatkan Tangga Rumah

Jika rumah Anda terdiri atas dua lantai atau lebih, maka manfaatkanlah tangga penghubung lantainya untuk membakar kalori. Luangkan setidaknya 30 menit untuk berolahraga dengan menaiki dan menuruni tangga tersebut. Dengan 100 langkah saja misalnya, Anda sudah dapat membakar 10 kalori dalam tubuh.

  • Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah dapat pula menjadi cara alternatif untuk berolahraga. Aktivitas seperti mengepel, menyapu, dan mencuci pakaian adalah beberapa pekerjaan rumah yang dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Dengan mencuci pakaian, Anda dapat membakar sekitar133 kalori. Mengepel dan menyapu setidaknya dapat membakar sekitar 127 kalori dalam tubuh.

  • Meditasi

Jika Anda memang sedang tidak ingin keluar rumah atau keluar kamar, meditasi bisa menjadi pilihan lain untuk beolahraga. Sama halnya dengan yoga, meditasi juga salah satu bentuk peregangan. Hanya cara dan gaya dari kedua bentuk peregangan itu yang berbeda. Beberapa cara dalam meditasi mampu membantu meregangkan saraf-saraf tertentu dalam otak manusia. Oleh karena itu, meditasi dapat memberikan efek relaks pada pikiran dan jiwa pelakunya. Carilah sudut ternyaman dalam rumah atau kamar Anda dan cobalah melakukan meditasi. Meditasi juga dapat melatih daya konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan perasaan bahagia.

  • Berjalan-Jalan Ringan

Berjalan-jalan ringan sepertinya menjadi aktivitas yang lebih memerlukan upaya dibandingkan sejumlah aktivitas sebelumnya. Maklum saja, seseorang membutuhkan jalalan tertentu yang memungkinkan untuk berjalan-jalan ringan. Tetapi jika rumah Anda memiliki halaman yang bisa untuk berjalan-jalan, maka tidak ada salahnya Anda berolahraga di lingkungan rumah. Anda dapat berjalan-jalan sambil mendengarkan musik jika menginginkan suasana berolahraga yang mengasyikkan.  (sumber:www.solopos.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA