Tips mengatur Menu Sahur & Berbuka Puasa

Tips mengatur Menu Sahur & Berbuka Puasa

29 May 2017

 
 Sebelum sholat maghrib
  • Mengonsumsi kurma sebanyak tiga buah
  • Semangkuk kecil buah dan selada
 Sesudah sholat maghrib
  • Nasi sebanyak satu setengah gelas
  • Pepes ayam atau daging ayam sebanyak satu potong
  • Tumis tempe sebanyak tiga sdm
  • Sayur asem sebanyak satu mangkuk
  • Mengonsumsi satu pisang setelah makan makanan berat
 Sesudah shalat tarawih
  • Mengonsumsi roti tawar sebanyak dua lapis berisi telur
 Saat sahur
  • Nasi sebanyak satu setengah gelas
  • Semur daging sebanyak satu potong
  • Tahu bacem sebanyak satu potong
  • Sayur sup semangkuk
  • Satu potong buah semangka
 
Bila Anda orang tua yang tergolong mengonsumsi obat-obatan setiap harinya, sangat dianjurkan untuk kontrol sebelum memulai puasa Ramadhan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan resep mengenai berapa jumlah obat yang harus dikonsumsi saat menjalani puasa nanti. (sumber: lifestyle.okezone.com)  
 
 Pilih beberapa menu favorit keluarga yang bisa di masak dalam jumlah banyak sekaligus, seperti ayam goreng atau rendang atau daging semur dll, yang bisa di masak banyak dan awet di simpan. 
 Untuk berbuka puasa lauk opor..malam masih sisa, biar jadi menu yang beda buat sahur, bisa di ubah jadi ayam bakar bumbu opor. Pasti dech keluarga mengira menu beda lagi..hihi. Atau sisa ayam goreng sore hari jadi ayam balado atau ayam tumis pedas dll.
 Masak masakan yang berkuah atau bersantan dari sore hari, sehingga pagi hari tinggal memanaskan saja, Karena untuk menghindari terlambat sahur jika masak masakan bersantan perlu waktu lama. Selain itu rasa masakan akan semakin enak karena bumbu-bumbu semakin meresap. Misalnya opor ayam terik, semur, dll.
 Jika suka sayuran segar untuk menu sahur, pilih sayuran tumis yang bisa di masak dengan cepat, misal, kangkung, taode, buncis, dll. Siapkan dulu bumbu-bumbu iris pada malam hari, begitu bangun  untuk mempersiapkan menu sahur.
 Sediakan menu lauk kering seperti kering kentang, kering tempe, serundeng dll.
 Untuk lauk pendamping seperti perkedel, bisa di siapkan dari sore, pagi tinggal goreng.Tahu, tempe bacem jika suka di stock jumlah banyak tidak masalah karena bumbu malah akan semakin meresap. Simpan tempe dan tahu bacem yang masih terendam sedikit sisa air rebusan bacemnya di kulkas dalam wadah tertutup, maka akan semakin enak rasanya maks 3 hari jika mau lama ya di simpan di freezer jika tempe. Kalau tahu di simpan di freezer kurang enak.
 Sambal walaupun makan pagi-pagi sekali jika suka pedas tetap tidak bisa ketinggalan sambalnya. Biar aman untuk perut, bikin aja sambal terasi matang yang tidak terlalu pedas, jadi bisa di simpan sekalian untuk stock. 
 Jika suka ikan bakar buat menu sahur, masih bisa buat goreng aja ikan dahulu agar lebih cepat matang, baru di oles bumbu bakaran. Bakarnya bisa pakai pan anti lengket supaya praktis. 
 Suka yang segar-segar untuk sayur ? Bisa masakan berkuah seperti Rawon, Pindang Kudus, Soto, Gulai, Tongseng sangat cocok untuk menu sahur. Karena waktu memasaknya lumayan lama jadi lebih baik di masak siang hari, malam tinggal di panaskan . Bumbunya semakin meresap enak dan jauh lebih enak.
 Untuk anak remaja jangan lupakan menu favorit mereka seperti nugget, bakso goreng, kaki naga, ayam pok-pok dll yang bisa di simpan di freezer ya. Selalu sediakan menu favorit mereka untuk sahur agar makin bersemangat untuk puasa.(Sumber: diahdidi.com)
 
 
Buatlah menu-menu buka dan sahur favorit serta semenarik mungkin. Tak ada salahnya menanyakan langsung kepada anak, menu apa yang ingin dimakan sehingga menambah semangat sahur dan berbuka puasanya.
 
 Contoh menu sahur untuk anak – anak : spaghetti daging sapi, jus apel, dan susu.
 Contoh menu buka puasa untuk anak-anak: puding buah, nasi tim ayam sayur, jus melon, yogurt
(sumber: http:m.tabloidnova.com)    
Follow & Share :

INFO LAINNYA