Cara Membuat Buah dan Sayur Segar Lebih Lama

14 April 2014

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang sangat menyehatkan dan akan memberikan banyak nutrisi pada tubuh Anda apabila dikonsumsi dalam keadaan segar. Selain itu buah dan sayur yang segar juga memiliki rasa yang lebih enak dan alami. Namun penyimpanan yang salah mampu membuat buah dan sayuran tersebut layu bahkan sebelum Anda santap.

Berikut adalah cara mudah untuk menjaga kesegaran sayur dan buah lebih tahan lama seperti dilansir dari indiatimes.com.

 

1. Belilah di pasar utama

Maksudnya adalah sebaiknya Anda berbelanja buah dan sayur di pasar pertama yang ketika buah dan sayur itu datang dari petani. Hindari membelinya di supermarket atau tempat sejenis sebab biasanya sayuran tersebut sudah tidak segar lagi dan banyak terkena paparan pendingin ruangan.

2. Berbelanjalah secara cerdas

Tidak ada gunanya menyimpan buah dan sayuran lebih dari seminggu sebagai stok makanan. Oleh karena itu perhitungkan waktu untuk membeli, lamanya menyimpan, dan kapan Anda akan mengonsumsi sayuran tersebut agar Anda benar-benar mengonsumsi sayur dan buah yang segar.

3. Simpan di tempat yang tepat

Buah-buahan seperti anggur dan plum serta sayuran seperti wortel, kembang kol, selada, dan bayam harus disimpan di dalam lemari es. Sementara buah apel, pisang, tomat, jeruk, dan sejenisnya dapat disimpan di suhu ruangan. Kentang dan bawang juga sebaiknya di simpan di ruang terbuka dan sejuk agar tetap terjaga kesegarannya. Selain itu, ada baiknya beberapa sayuran seperti brokoli dan jamur dimasukkan ke dalam kantong kertas terlebih dahulu agar tetap segar dan terhindar dari lembab.

4. Jauhkan dari zat etilen

Gas etilen mampu mempercepat proses pembusukan sayuran dan buah. Oleh karena itu hindarkan makanan segar dari gas berbahaya tersebut.

 

Kesegaran buah dan sayur patut untuk dijaga demi mendapatkan vitamin dan nutrisi yang utuh. Oleh karena itu Anda dapat mencontoh cara di atas agar buah dan sayur yang Anda miliki tetap segar. Selama mencoba!

Sumber: www.merdeka.com

Follow & Share :

INFO LAINNYA