Tips Sehat selama Imlek

24 January 2017

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat selama perayaan Imlek :

1. Pilih makanan berbahan ikan

Biasanya saat Imlek masyarakat Tionghoa memiliki beberapa makanan yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Salah satunya adalah Yu Sheng, yang disajikan dengan udang kering dan mengandung banyak MSG. Jika dikonsumsi tentu saja menu makanan ini akan mendatangkan efek yang buruk bagi tubuh Anda. Nah ada baiknya Anda mengganti pilihan makanan ini dengan sayuran dan ikan yang lebih sehat dan kaya akan omega-3.

2. Pilih cemilan dari biji-bijian atau kacang

Kue manis seperti nastar dan keranjang merupakan makanan khas yang biasa terhidang saat perayaan tahun baru Imlek. Mungkin satu atau dua kali mengonsumsinya masih tidak memberi efek apapun bagi tubuh Anda. Tapi jika setiap kali berkunjung ke rumah kerabat, Anda melahap cemilan ini, bisa dibayangkan berapa jumlah gula yang masuk ke tubuh Anda. Nah ada baiknya Anda memilih cemilan lain yang lebih sehat seperti biji-bijian atau kacang.

3. Konsumsi jeruk mandarin secukupnya

Jeruk mandarin merupakan salah satu buah yang selalu terhidang saat perayaan Imlek. Namun, mengonsumsi buah yang kaya vitamin C, A, folat dan kalium ini juga dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Jadi konsumsi secukupnya saja, ya!

4Konsumsi Tang Yuan atau wedang ronde sebagai penutup

Minuman asli China ini menggunakan seduhan jahe sebagai kuahnya, sama seperti wedang ronde. Khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh dan menjaga sistem pencernaan, cocok dijadikam minuman penutup setelah seharian merayakan tahun baru Imlek. (Sumber www.wartakesehatan.com)

Follow & Share :

INFO LAINNYA