Tips berbelanja cerdas dan hemat

13 September 2016

  • Perhatikan waktu belanja. 

Jangan belanja saat sedang lapar, karena Anda akan mudah tergoda membeli makanan yang dihidangkan di rak. Pilih waktu belanja di hari Minggu, karena ada banyak penawaran diskon yang diberikan supermarket. Atau dapat juga belanja di saat anak sekolah. Hal ini mengurangi kemungkinan membeli segala macam kudapan yang mereka inginkan.

  • Membandingkan harga. 

Bisanya ibu rumah tangga paling pintar membandingkan harga barang di satu toko dengan toko lainnya. Dengan metode ini, jelas Anda bisa membeli barang yang harganya murah.

  • Memilih produk. 

Seperti metode membandingkan harga, memilih kebutuhan rumah tangga bisa difokuskan dengan membeli produk lokal. Pilihlah barang yang mutunya baik dan harganya terjangkau.Dapat juga membeli barang produksi supermarket itu sendiri. Biasanya beberapa supermarket memproduksi barang seperti tisu, pembersih lantai dan gula pasir. Kualitasnya lumayan baik dan harganya tergolong murah.

  • Kartu supermarket.

Biasanya beberapa supermarket menawarkan potongan harga kepada pemegang kartu anggota supermarket tersebut. Meskipun awalnya harus membayar mahal, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu supermarket tersebut.

  • Kupon belanja. 

Tips pintar belanja bulanan hemat berikutnya adalah memanfaatkan kupon belanja. Beberapa supermarket kerap menawarkan harga hemat dengan cara menukar kupon belanja yang ada di koran atau majalah.Atau dapat juga membeli produk promosi (turun harga atau buy 1 get 2), supaya bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi.

  • Tulislah barang kebutuhan dan sesuaikan dengan bujet. 

Tulislah barang kebutuhan rumah tangga yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbelanja gila-gilaan dan membuat Anda mengeluarkan uang berlebihan. Sebaiknya bawa uang yang cukup, sesuai bujet belanja bulanan Anda. (sumber : www.infobandung.co.id)

Follow & Share :

INFO LAINNYA