Tips Menjaga Kesehatan secara Alami Sehari-hari

  • Penuhi makanan yang berserat
Tubuh membutuhkan makanan yang mengandung serat untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, serat juga berfungsi untuk merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dari dalam tubuh kita melalui aktivitas saluran usus. Kotoran dalam tubuh kita akan mudah dikeluarkan jika kebutuhan serat terpenuhi. Jika kotoran dalam tubuh susah dikeluarkan akibat kurang serat, maka kotoran di dalam tubuh dapat menumpuk sehingga dapat menjadi racun dalam tubuh serta menyebabkan penyakit. Makan baik hidup lebih sehat bagi tubuh dengan penuhi makanan yang berserat.
  • Sarapan sebelum jam 9
Sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Telah disepakati oleh beberapa ahli bahwa sarapan yang paling baik yaitu sarapan sebelum jam 9 pagi. Sarapan sangat penting karena pada pagi hari kondisi perut kita kosong karena telah diproses saat kita istirahat di malam hari yaitu sekitar 7 sampai 8 jam. Sarapan menjadi sumber energi kita untuk melakukan aktivitas pada siang hari. Meninggalkan sarapan pagi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, lesu, kurang bertenaga serta susah untuk berpikir.
  • Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna
Penuhilah hak tubuh untuk mendapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi nasi, lauk, sayur, buah dan susu. Nasi merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, lauk sebagai sumber protein, sayuran sebagi sumber mineral dan buah sebagai sumber vitamin. Susu sebagi penyempurna untuk kebutuhan untuk meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita. Ayo makan sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna!
  • Jaga kebersihan dan kehigienisan makanan
Semua makanan yang anda konsumsi harus dipastikan kebersihannya. Makanan seperti buah dan sayur cucilah terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsinya. Jika memasak makanan, masaklah sampai matang yang sempurna. Makanan yang belum matang secara sempurna memiliki resiko masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan
Makanan instan mempunyai keunggulan praktis disajikan serta enak tetapi memiliki lebih banyak efek negatif buat kesehatan tubuh. Makanan instan sangat bersahabat bagi anda yang sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan seperti pekerja kantor atau mahasiswa. Salah satu makanan instan yang mudah disajikan yaitu mie instan. Jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena banyak kandungan zat kimia di dalamnya seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan yang semua zat tersebut tidak baik jika terlalu sering masuk kedalam tubuh kita.
  • Kontrol porsi makan
Porsi makan yang berlebihan bukan akan menambah kesehatan tubuh tetapi justru dapat menimbulkan banyak penyakit. Jika porsi makan anda terlalu banyak maka resiko gemuk akan semakin tinggi. Orang yang gemuk akan lebih mudah terserang berbagai penyakit serta obesitas. Makanlah dengan porsi yang wajar.
  • Perbanyak minum air putih
Kebutuhan tubuh terhadap air putih setiap hari yaitu minimal 1,5 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Tubuh kita 70% terdiri dari cairan sehingga kebutuhan terhadap air putih perlu untuk dipenuhi. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan manfaat air putih, tidak bisa digantikan oleh air yang lain. Air putih merupakan air yang paling sehat untuk tubuh serta tidak berbahaya untuk tubuh.
  • Kurangi minum kopi
Bagi anda penggemar kopi kurangi konsumsi kopi anda jika anda ingin agar tubuh anda tetap sehat. Kopi mengandung bahaya kafein yang jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh. Kandungan kafein yang tinggi di dalam kpo dapat memperlambat kinerja jantung.
  • Hindari mengkonsumsi minuman isotonik terlalu sering
Minuman isotonik yang banyak dijual memang memiliki rasa yang lebih enak tetapi jika kita terlalu sering mengkonsumsinya maka tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman isotonik banyak mengandung bahan kimia serta pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lebih baik jika anda mengkonsumsi minuman juz atau air kelapa.
Jus dari buah yang segar akan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, air kelapa yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh akan membantu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh anda. Air kepala sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena kandungan didalamnya yang alami dapat menggantikan ion-ion tubuh yang hilang karena aktifitas seharian. Air kepala juga bagus untuk kesehatan ibu hamil.
  • Hindari kebiasaan begadang
Bagi yang melakukan banyak aktivitas di siang hari maka hindarilah begadang pada malam harinya. Begadang akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat karena angin malam tidak bagus untuk tubuh. Akibat begadang malamdapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh kita seperti : masalah berat badan, sistem kekebalan tubuh melemah, penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, sakit kepala, refleks lemah, mengurangi harapan hidup dalam jangka panjang bisa terjadi kerusakan sel-sel saraf pada otak. Melihat banyaknya resiko yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda sebaiknya hindari begadang.
  • Biasakan minum air putih sebelum dan setelah tidur
Minum air putih sebelum tidur dan setelah bangun tidur sangat baik. Sebelum tidur air minumlah minimal satu gelas air putih sehingga selama anda tidur air putih akan membantu tubuh anda untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh anda. Saat bangun tidur jangan minum air lain kecuali air putih. Minum air putih ketika bangun tidur baik untuk menyeimbangkan kinerja otak anda yang baru saja diitirahatkan dan akan dipakai kembali.
  • Minum multivitamin
Multivitamin diperlukan tubuh anda untuk menambah asupan gizi dari sayuran dan buah-buahan. Minumlah multivitamin yang cocok dengan kesehatan tubuh anda. Multivitamin banyak disediakan di apotik-apotik sehingga anda dengan mudah untuk mendapatkannya. Minumlah secara teratur agar tubuh anda tetap sehat.
  • Konsumsi vitamin D
Penuhi kebutuhan tubuh anda terhadap vitamin D. Vitamin D berfungsi dalam melindungi tubuh anda dari berbagai kuman, penyakit, virus serta bakteri yang menyerang karena vitamin D berperan sebagai menstimulus sel imun sehingga tubuh akan kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Vitamin D dapat anda dapatkan bukan hanya dari makanan tetapi juga dari energi sinar matahari pada pagi hari. Sinar matahari dipagi hari sebelum jam 9 akan mengubah pro vitamin D yang ada didalam tubuh anda menjadi vitamin D.
Sementara vitamin D yang terkandung dalam makanan seperti telur, hati, susu, ikan salmon, udang, tahu, keju, sereal, jamur, minyak hati ikan cod, kedelai. Dan masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin D, konsumsilah dengan seimbang agar tubuh akan tetap sehat.
  • Olahraga secara teratur
Menjaga kesehatan tubuh selain dalam hal makanan kita juga harus menyeimbangkan tubuh dengan olahraga secara teratur. Olahraga dapat merefresh kembali tubuh, sehingga menjadi bugar dan semangat serta terhindar dari penyakit. Manfaat olahraga bagi kesehatan tidak hanya diperoleh dengan alat modern serta cara yang memberatkan tubuh anda. Lakukanlah olahraga yang nyaman dan sesuai dengan porsi kekuatan tubuh, yang penting tubuh anda bergerak sehingga tidak kaku dan mudah terserang penyakit. Anda dapat memilih olahraga yang anda senangi seperti berenang 3 kali dalam seminggu, senam setiap hari minggu atau lari-lari kecil untuk mengeluarkan keringat dalam tubuh serta masih banyak olahraga yang bisa anda pilih. Untuk menjaga kesehatan tubuh lakukanlah olahraga minimal sekali dalam seminggu. Bagi yang pekerja kantor atau mahasiswa atau profesi lain yang melakukan aktivitas di hari kerja, anda bisa melakukan olahraga ketika week end bersama keluarga atau sahabat anda tentunya akan lebih menyenangkan.
  • Biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi
Kebiasaan bangun bagi sangat bagus untuk cara menjaga kesehatan tubuh kita. Ketika kita bangun pagi, kita akan menghirup udara segar yang belum tercemar oleh berbagai macam polusi udara sehingga asupan oksigen yang bersih terpenuhi. Oksigen yang bersih juga mempengaruhi kinerja otak sehingga pokiran tenang serta lebih mudah untuk berpikir positif dan mengeluarkan ide-ide cemerlang. Tidur lebih awal menjadikan istirahat kita cukup. Biasakan tidur sekitar jam 21.00 dan bangun lebih awal yaitu jam 05.00.
  • Istirahat yang cukup
Tubuh anda memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Istirahatlah secara cukup dan berkualitas, karena istirahat yang cukup saja kurang jika untuk menjaga kesehatan tubuh jika istirahta anda tidak berkualitas. Istirahat cukup yaitu 7 sampai 8 jam sehari. Istirahat yang berkualitas yaitu tanpa kita membawa beban dalam tidur kita. Usahakan dalam tidur pikiran kita dalam kondisi bebas tanpa beban sehingga bangun pagi akan fresh kembali.
  • Hindari tidur dalam waktu-waktu tertentu
Ada beberapa waktu yang tidak baik jika digunakan untuk tidur yaitu pagi hari setelah jam 06.00 serta sore hari setelah jam 15.00. jika anda tidur diwaktu yang masuk kedalam kisaran waktu tersebut maka tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Banyak yang mengatakan bahwa tidur di pagi hari maka rejekinya akan di patok ayam, memang benar kalau kita tidur di pagi hari waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk melakukan aktifitas yang bermanfaat tetapi malah terbuang sia-sia untuk tidur. Selain kerugian itu bagi kesehatan tubuh juga tidak baik karena dapat menyebabkan pusing. Tidur sore setelah jam 15.00 juga tidak baik karena dapat menyebabkan kita gampang lupa serta melemahkan kecerdasan otak. Hindarilah tidur dalam kurun dua waktu tersebut. Jika anda ingin beristirahat tidurlah satu jam pada siang hari sekitar jam 12.00 sampai jam 13.00. tidur pada jam ini malah menyehatkan tubuh karena memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat sebentar.
  • Puasa
Puasa terbukti dapat menyehatkan tubuh kita. Dengan berpuasa organ alat pencernaan kita akan beristirahat, tidak hanya tubuh kita yang perlu istirahat alat pencernaan kita juga perlu istirahat. Selain itu dengan berpuasa juga dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, proses ini dalam dunia medis dikenal dengan detoksifikasi. Berpuasa dianjurkan seminggu dua kali yaitu kalau menurut islam yang bagus hari senin dan kamis.
  • Menjaga kebersihan
Kebersihan merupakan kunci dari kesehatan badan. Jagalah kebersihan diri serta lingkungan anda. Kebersihan diri seperti cucilah tangan sebelum anda makan serta setelah makan. Mandilah 2 kali sehari agar kuman dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan anda tidak menempel di tubuh anda. Kuman dan bakteri yang berada di tubuh atau lingkungan anda disebabkan kurangnya kebersihan diri atau lingkungan anda.
Makanan yang anda makan juga perlu dijaga kebersihannya. jika anda hendak membeli makanan, pilihlah makanan yang tertutup oleh plastik, hindari membeli makanan yang ada di pinggir-pinggir jalan karena makanan yang ada di jual di pinggir jalan banyak terkena debu dan polusi sehingga dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti sakit perut dan diare.
  • Berpikir positif
Berpikir positif akan menghindarkan anda dari stress karena stress dapat menimbulkan beberapa resiko mudah terserang penyakit. Pikiran yang positif akan mempengaruhi kesehatan jiwa dan pikiran, jiwa sehat akan mempengaruhi tubuh yang sehat.
Demikian beberapa cara menjaga kesehatan tubuh sehari-har. Lakukanlah dengan senang hati agar anda dapat mendapatkan kesehatan tubuh yang prima. (sumber:www.halosehat.com)
 
yuk masak di rumah
eat well live better
Follow & Share :

INFO LAINNYA