makan baik hidup lebih sehat tanpa gula

3 Cara mudah hentikan kecanduan gula

Saat ini sudah banyak orang yang menyadari bahwa mengonsumsi banyak gula tak baik untuk kesehatan. Gula tak hanya bisa membuat Anda lebih cepat gemuk, melainkan juga bisa menyebabkan rasa kecanduan, karena gula merangsang bagian otak sama seperti efek kokain.

Hal ini membuat banyak orang tak bisa dengan mudah melepaskan kecanduan mereka terhadap gula, meski sudah mengetahui efek negatif dari pemanis tersebut. Lantas, bagaimana cara mudah untuk menghilangkan ketergantungan pada gula? Anda bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini, seperti dilansir oleh Daily Health Post(28/02).

1. Kurangi konsumsi gula
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan langsung mengurangi konsumsi gula atau menghilangkannya sama sekali. Anda harus menghindari konsumsi gula dalam berbagai bentuk baik minuman maupun makanan. Selain itu dalam beberapa minggu jangan mengonsumsi buah yang manis serta makanan yang mengandung karbohidrat olahan. Memotong konsumsi gula untuk sementara akan membantu menghilangkan kecanduan pada pemanis tersebut.

2. Konsumsi banyak protein
Konsumsi gula biasanya dilakukan orang ketika ngemil. Untuk menghindarinya, Anda harus mengonsumsi lebih banyak makanan berat yang akan mencegah Anda untuk ngemil. Tambahkan konsumsi protein yang membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral. Terkadang dehidrasi juga meningkatkan kemungkinan orang ngemil dan sekaligus meningkatkan konsumsi gula.

3. Pola hidup aktif
Untuk membersihkan tumpukan gula dalam tubuh dan mencegah kecanduan gula, Anda perlu tubuh yang berfungsi optimal dan bugar. Salah satunya adalah dengan lebih rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang aktif. Berolahraga akan membantu Anda melepaskan endorfin.

Ketika Anda mengonsumsi gula, tubuh akan melepaskan endorfin. Dengan begitu olahraga akan memberikan Anda efek yang sama dengan mengonsumsi gula. Tubuh mendapatkan apa yang diinginkan, tanpa Anda harus mengonsumsi gula sedikit pun.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan jika Anda ingin menghindari kecanduan gula atau mengatasi kecanduan gula. Langkah di atas harus dilakukan secara bertahap dan teratur karena kecanduan gula tak bisa dihilangkan begitu saja. Selamat mencoba!

 

makan baik hidup lebih sehat dengan menhentikan kecanduan gula (eat well live better) makan baik hidup lebih sehat
 

Sumber: merdeka.com

Image: http://nasional.news.viva.co.id

Follow & Share :

INFO LAINNYA