Tips Mengendalikan Asupan Gula ke dalam Tubuh

14 November 2017

  • Perhatikan label makanan
Adanya keterangan mengenai gula tambahan pada label makanan dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen mengenai jumlah gula tambahan yang terkandung pada produk makanan tertentu. Sebaiknya, jika Anda sudah mengetahui batas asupan gula per hari, Anda perlu memperhatikan kandungan gula pada produk makanan yang Anda beli, terutama kandungan gula tambahannya. Saat Anda membaca label produk makanan tersebut, Anda harus lebih jeli karena sering kali kata gula ditulis dengan istilah lain, seperti gula tebu, sirup gula, gula pasir, dekstrosa, fruktosa, madu, sukrosa, atau kata apapun yang berakhiran dengan “-osa”.
 
  • Beli makanan atau minuman tanpa pemanis tambahan
Hal sederhana untuk memulai hidup bebas gula adalah dengan membeli makanan atau minuman tanpa pemanis tambahan, seperti susu kedelai dan oatmeal.
 
  • Kombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat
Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh yang akan menurun dengan cepat. Tentunya kadar gula darah ini akan segera menurun pula sehingga akan membuat Anda segera lapar. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat pada makanan Anda. Kombinasi tersebut dapat memperlambat pelepasan gula darah ke dalam tubuh Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama.
 
  • Tambahkan lebih banyak rasa
Hal yang membuat Anda sulit menghindari gula adalah rasa manis yang dihasilkannya; sehingga salah satu cara untuk mengurangi gula adalah dengan menambahkan lebih banyak rasa pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Anda dapat menggunakan bubuk kakao atau vanila, rempah-rempah seperti pala, jahe, kayu manis, dan lain-lain. Studi dalam Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa rempah-rempah telah terbukti secara alami dalam mengatur gula darah yang membantu mengendalikan nafsu makan Anda.
 
  • Tak perlu tinggalkan cake dan es krim favorit Anda
Siapa bilang mengurangi gula artinya tak boleh lagi makan makanan dan minuman manis favorit? Tidak ada salahnya jika Anda ingin menikmati makanan favorit Anda, seperti donat, es krim, brownies, permen, cokelat, dan lain-lain. Hanya saja, Anda perlu membatasinya dan tidak mengonsumsi terlalu sering maupun terlalu banyak. Jika Anda takut semakin sulit menahan godaan makanan favorit, Anda dapat menjadikan hari tertentu sebagai hari khusus Anda, yaitu hari di mana Anda dapat menikmati makanan atau minuman tertentu yang tidak dapat Anda nikmati di hari lain. Misalnya, hanya satu kali tiap akhir pekan.
 
  • Jadikanlah kebiasaan
Meskipun sulit, namun Anda perlu melakukannya untuk menjaga kesehatan Anda. Kurangi gula secara perlahan, jangan mendadak. Asal dilakukan konsisten, sedikit demi sedikit Anda dapat terbiasa hidup rendah gula. 
 
(sumber: www.hellosehat.com)
 
Dukung pola hidup sehat di atas dengan selalu menyediakan kebutuhan akan buah dan sayur segar di rumah. Super Indo menyediakan bahan-bahan segar untuk keperluan sehari-hari dengan harga terjangkau. Yuk belanja kebutuhan fresh di Supermarket Super Indo. Cek info katalog belanja dan promo super hemat terkini di www.superindo.co.id.
Follow & Share :

INFO LAINNYA