Tips Supaya Keluarga Anda Suka Makan Ikan

Asam lemak omega-3 dalam ikan sangat bagus untuk meningkatkan daya kerja otak. Beberapa jenis ikan juga kaya akan vitamin D. Sebagai seorang ‘koki’ di rumah, pasti Anda merasa kesal saat ikan yang Anda masak susah payah, tidak ada yang menyentuhnya. Anda jangan bersedih, mungkin ada sesuatu yang salah dengan masakan ikan Anda. Berikut tips supaya keluarga Anda suka makan ikan.

Bagaimana memilih ikan yang baik?

Menurut American Academy of Pediatrics ikan sangat baik untuk anak di bawah usia satu tahun. Studi menemukan, bayi yang makan ikan sebelum usia 9 bulan akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena eksim. Namun, pastikan Anda tidak memilih jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi. Anda juga harus memilih ikan yang segar, salah memilih ikan akan membuat rasa ikan tidak enak untuk dimakan.

Ikan yang Anda beli haruslah yang masih segar. Hal ini dapat dilihat dari ciri fisiknya. Perhatikan insangnya, warnanya haruslah merah segar dengan lendir yang normal. Aroma ikan masih segar, sisiknya kuat dan utuh serta tidak mudah terlepas.

Daging ikan yang masih kenyal menandakan ikan tersebut masih segar. Selain itu, ikan yang masih baik, jika dimasukkan ke dalam air akan tenggelam dengan cepat. Jika ingin membeli ikan bandeng, agar tidak salah membelinya, Anda harus perhatikan warna kulit di bagian punggung. Jika berwarna hitam, hal ini menandakan bandeng sudah tidak segar lagi. Ikan bandeng yang segar tidak berbau tanah, dan insang bandeng terbebas dari lumpur.

Memilih ikan yang baik adalah langkah pertama agar keluarga Anda suka makan ikan. Hal sederhana ini bisa membawa perubahan untuk gizi keluarga Anda

 

Cara membuat keluarga Anda suka makan ikan

  • Pilih jenis ikan

Pilih jenis ikan yang tidak memiliki banyak duri dan berdaging besar, seperti tuna, salmon, bawal, kakap, tengiri, cakalang, dan makarel. Beberapa orang biasanya tidak menyukai ikan karena memiliki trauma terhadap duri ikan. Hal ini juga mencegah agar keluarga Anda tidak tersedak duri saat memakan ikan. Jadi, anggota keluarga Anda tidak akan takut duri masuk ke mulut saat makan ikan.

  • Hilangkan bau amis

Kebanyakan orang tidak suka makan ikan karena bau amisnya. Meskipun Anda sudah mencuci dan menggorengnya terkadang bau amis pada ikan tetap bisa tercium. Hal ini karena pengolahan ikan yang tidak benar. Anda bisa menghilangkan bau amis ikan ini dengan mencuci bersih dan merendamnya terlebih dahulu dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit.

  • Kreatif dalam pengolahan

Beberapa anggota keluarga Anda mungkin tidak suka makan ikan karena pengolahan yang kurang menarik. Anda dapat membuat aneka masakan ikan yang sesuai dengan selera keluarga Anda. Anda dapat mengolah ikan tanpa memperlihatkan bentuk ikan, misalnya menjadi tepung crispy, bola-bola ikan, nugget ikan, siomay, dan sebagainya.

Anda juga bisa menyajikan olahan ikan secara menarik dengan pelengkap sayuran. Penyajian yang menarik dapat mengundang selera makan. Sajikan bersama sayuran dan nasi lalu hias secara unik dan menarik.

Yuk masak di rumah supaya keluarga Anda lebih terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi ikan berprotein tinggi (eat well live better).

(sumber: hellosehat.com)

ayo makan sehat
makan baik hidup lebih sehat
Follow & Share :

INFO LAINNYA